Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung Mendunia

Loading...
Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Gallery Wayang Golek Cupumanik Bandung – Anda sedang Liburan ke bandung ? dan mencari oleh-oleh khas atau cindera mata khas bumi parahyangan suku sunda di jawa barat untuk anda bawa pulang ? Jangan lupa anda harus mengunjungi galleri wayang golek di cupumanik kota bandung, salah satu tempat wisata seni dan budaya khas jawa barat yang ada di kota Bandung, yang merupakan pusat kerajinan wayang golek di bandung serta didirikan dengan tujuan melanggengkan budaya sunda di tatar bumi Parahyangan.

Halo sahabat Traveller’s pecinta blog Tempat wisata di Bandung, jumpa lagi dengan penulis yang kali ini akan memberikan informasi seputar salah satu pusat wisata budaya yang sangat khas tentang galleri atau tempat yang merupakan sanggar pelestarian budaya sunda berupa kesenian wayang golek yang sangat populer itu.Apabila sebelumnya penulis telah berikan info wisata Bandung berupa 1o tempat wisata alam di bandung yang paling populer 2015,maka kali ini penulis akan berbagi salah satu pusat kerajinan rumahan wayang golek di kota Bandung, Galleri Cupumanik.

Gallery Wayang Golek Cupumanik Bandung

Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Sahabat traveller’s, anda pasti sangat mengenal baik sosok “Si Cepot” atau ” Si Dewala ” Bukan ? ya, dua sosok figur paling populer di dunia panggung wayang golek yang sering kita saksikan di televisi yang aksi, kelakuan serta gaya bicaranya yang polos serta suka guyonan ini akan membuat perut kita seperti dikocok dan sakit karena harus menahan rasa geli dan tertawa, terlebih kalau dalangnya ( orang yang memainkan wayang ) nya adalah dalang populer serta terkemuka Alm.Asep Sunandar Sunarya.

Nah sahabat,sudah tentu kesenian tradisional milik bangsa yang sangat berharga dan bernilai tinggi ini perlu dijaga dan lestarikan keberadaan nya , bahkan jauh lebih dari itu semakin dikembangkan menjadi salah satu bentuk kesenian tradisional milik dunia. Jangan salah nama wayang golek, apabila anda baca berbagai macam informasi di internet, ternyata sangat dikenal luas di dunia. Dan karena nya tidak sedikit situs-situs perjalanan wisata atau travel dunia menuliskan review tentang wayang golek ,khsususnya di galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung.

Sejarah Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Sahabat traveller’s wisata Bandung , Galleri Wayang Golek Cupumanik mulai berdiri sejak tahun 1980. Dan penggagas atau pendirinya adalah seorang alumni sekolahan universitas terkemuka di bandung yaitu ITB, yaitu H.Herry Hermawan yang saat itu justru adalah seorang sarjana yang tertarik dan menekuni bidang seni artistis lainnya yaitu seni patung.

Nah, berawal dari adanya kerja sama dengan pemerintah dalam membangun UKM Bapikra di tahun 1977, Alm. H.Herry Hermawan ini berinisiatif menampung seluruh perajin wayang dari salah satu daerah di jawa barat yaitu Purwarkarta. Dari daerah yang terdapat wisata bendungan saguling jati luhur ternyata banyak sekali perajin wayang golek yang tidak bisa berkreasi karena bermacam keterbatasan, padahal hal tersebut disadari H.Herry Hermawan sebagai sumber daya manusia yang sangat potensial.

Nah Setelah perajin wayang golek asal purwakarta tersebut ditampung di kota Bandung, lama kelamaan muncul ide untuk membuat produksi wayang golek rumahan yang dipasarkan dari pameran ke pameran yang bekerjasama dengan pemerintah, maka lahirlah Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung.Luar biasanya adalah, kehadiran galleri Cupumnaik ini mendapat respon yang sangat bagus , baik dari wisatawan domestik hingga wisman yang sedang liburan di Bandung.

Berkat kerja keras dan kesabaran, perjuangan menggenalkan serta mempopulerkan kesenian sunda yang dilakukan oleh orang-orang di balik Galleri Cupumanik Bandung ini hingga ke luar negeri, akhirnya tepat pada tahun 1987, sang penggagas ide dan pemilik Galleri Cupumanik ini, yaitu H.Herry Hermawan pun mendapatkan penghargaan bergengsi waktu itu dari presiden Soeharto, berupa Piala Upakarti sebagai pahlawan Pelestari budaya khas jawa barat, wayang Golek.

Kegiatan Wisata Di Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

Nah sahabat traveller’s,apabila anda berkunjung ke salah satu Tempat wisata budaya yang ada di kota bandung yang pengeloloaannya saat ini dilakukan oleh putri dari alm.Herri Hermawan sendiri yaitu Shanty, maka tempat wisata di bandung ini akan siap memberikan informasi langsung bagaimana cara pembuatan karya seni yang bernilai sangat tinggi yaitu wayang golek, yang dilakukan oleh para seniman-seniman pemahat profesional.

Selain itu juga bagi anda yang suka dengan wisata belanja di bandung, anda tidak perlu khawatir karena di lokasi Galleri Wayang Golek di Bandung ini pun tersedia berbagai macam barang kerajinan khas sunda yang mungkin anda tertarik untuk dijadikan pajangan atau hiasan rumah seperti miniaatur angklung, gamelan dan yang lainnya.Serta yang paling penting di sini pun tersedia pusat wisata belanja seperti mini market dan tentunya sebagai salah satu tempat makan di bandung karena ada food areanya berua restoran.

Harga Wayang Golek di Galleri Cupumanik Bandung

Apabila anda tertarik membawa pulang kerajinan khas sunda Wayang golek dari Galleri cupumanik ini sebagai oleh-oleh dari Bandung, anda bisa membelinya dengan kisaran harga satu wayang golek yang ada di galleri cupumanik bandung ini berkisar yang termurah mulai dengan harga 50 ribu rupiah dan yang termahal sekitar 3 Juta rupiahan.

Harga Tiket Masuk Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

  • Gratis, terkecuali bagi pengunjung yang datang secara berkelompok seperti pelajar dan wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk ke galleri cupumanik seharga Rp.12.000/orang dan harga tersbut sudah termasuk anda akan mendapatkan merchandise.

Alamat Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

  • Alamat: Jl. H. Akbar No. 10 Pasirkaliki Cicendo Bandung Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

  • Telepon: (022) 4239456

Jam Buka Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

  • Senin s/d Jum’at mulai pukul 08.00 – 14.00 wib dan sabtu minggu libur.

Map Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung

  • Untuk akses peta lokasi menuju galleri cupumanik, silahkan buka di sini.

Nah sahabat traveller’s, demikianlah informasi salah satu tempat wisata yang menarik ┬ádi bandung yang wajib anda kunjungi bersama keluarga ketika berlibur, terutama bagi anak-anak tercinta anda untuk memperkenalkan secara dini bahwa indonesia mempunyai satu jenis kesenian tradisional yang sangat populer di dunia yaitu wayang golek, sehingga akan tumbuh di dalam dirinya rasa cinta dan bangga untuk menjaga sekaligus melestarikan kesenian tradisional. [ Tempatwisatadibandung.Info # Galleri Wyang Golek Cupumanik Bandung ]

Loading...

Leave a Reply