ECO Bambu Cipaku – Tempat Wisata Seni & Budaya Sunda Bandung

loading...

Eco Bambu CipakuTempat Wisata di Bandung sangat beragam sekali, tidak hanya menawarkan daya tarik wisata belanja, kuliner dan hiburan semata, namun juga wisata edukasi dan budaya yang salah satunya adalah Education Cipaku Oase Barisan Muda Bandung Utara di Cipaku.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog seputar Informasi tempat-tempat wisata di bandung dan sekitarnya yang terkenal, yang kali ini akan me-review salah satu Tempat Wisata Edukasi dan Budaya, Eco Bambu Cipaku Bandung.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata dari pusat Kebudayaan Sunda di Bandung ini ? apa saja fasiltas wisata menarik yang ada di sana ? berapa harga tiket masuk, dimana alamat, peta lokasi dan rute jalan menuju ke sana ?

Yuk, di bawah ini kita simak saja bersama-sama.

Eco Bambu Cipaku

Eco Bambu Cipaku Bandung

Sahabat traveler’s, berbicara seputar Tempat Wisata Edukasi dan Budaya di Bandung, beberapa postingan sebelumnya di blog Wisata Bandung yang terdahulu kang dian sudah berikan informasinya yang terbaru.

Sebut saja misalnya Tempat Wisata Edukasi di Kota Bandung yang Baru saja dibuka seperti Taman Sejarah Bandung, kemudian Museum Pos Indonesia serta Museum Pendidikan Nasional Upi.

Sementara untuk Tempat Wisata Budaya di Bandung kang dian juga sudah berikan informasinya seperti ada di Saung Angklung Udjo, Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya, Kampung Adat Cikondang dll.

Nah kali ini kang dian akan ajak anda mengenal lebih dekat sebuah tempat yang merupakan Pusat wisata edukasi dan kebudayaan tradisional Sunda di Kota Bandung yang berlokasi di jalan Cipaku Indah XII No 8, Ledeng Bandung.

Lokasi Eco Bambu Cipaku ini tepat berlokasi atau berada di kawasan salah satu Penginapan di Bandung yang terkenal yakni The Cipaku Garden Hotel.

Sejarah Kampung Wisata Eco Bambu Cipaku

Sahabat, Eco Bambu sendiri jika anda mau tahu merupakan nama populer kependekan dari Education Cipaku Oase (ECO) Barisan Muda Bandung Utara.

Eco Bambu Cipaku ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan wisata terpadu, karena di dalam arealnya selain ada kampung wisata, Hotel juga terdapat Pusat wisata kuliner dengan konsep Restaurant di Bandung yang Unik ala Tempo doeloe.

Bahkan Eco Bambu ini merupakan satu lokasi Kolam Renang di Bandung terbaik tak kalah dengan Kolam Renang Karang Setra yang legendaris, Pesona Nirwana Waterpark Soreang atau Hijab Swimming Pool di Floating Market Lembang.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat kolam pemancingan yang asyik seseru Arena pemancingan Bonita di Saung Wargi Lembang, atau juga di Kampung Sawarga maupun di kawasan Wisata Maribaya Lembang Bandung.

Sahabat traveler’s, sejarah berdirinya Sanggar Seni Budaya Sunda Eco Bambu Cipaku Bandung ini mulai dirintis oleh Andreas Wiharja, dibantu oleh pemilik PT Cipaku sejak tahun 2012 yang lalu.

Eco Bambu diresmikan pada tanggal 2 Maret 2015, dan kemudian pada tanggal 21 November 2015 sanggar seni ini pun berubah menjadi Kampung Wisata Eco Bambu.

Tujuan dari pendirian Sanggar Seni Budaya Eco Bambu Cipaku ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap program pemkot Bandung yang ingin menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata dunia.

Nah sebagai tambahan informasi, persemian kampung wisata Eco Bambu Cipaku ini dilakukan tepat bersamaan dengan peresmian sejumlah Kampung Wisata di Bandung lainya seperti :

Kampung Belekok di Gedebage, Kampung Pindad di Kiaracondong, Kampung Batik di Cibeunying Kaler, Kampung Barongsai di Astanaanyar, Kampung Tahu di Babakan Ciparay, Kampung Toge di Bandung Kulon, Kampung Wisata di Bandung Kidul, kampung Peuyeum di Mandalajati serta Kampung Braga di Sumur Bandung.

Lalu seperti apakah daya tarik wisata dari salah satu Tempat Wisata Budaya di Kota Bandung ini sehingga anda wajib mendatangi tempat ini ?

Daya Tarik Wisata ECO Bambu Cipaku Bandung

Sahabat traveler’s, terletak di kawasan Tempat Wisata di Bandung Utara, dimana sangat dekat dengan kawasan Wisata Dago dan juga sejumlah Tempat Wisata di lembang, Eco Bambu Cipaku menawarkan banyak daya tarik.

Bicara Sanggar Seni Budaya Eco Bambu Cipaku ini jelas berbeda dengan pusat wisata keluarga di Dusun Bambu Lembang , Kampung Bamboo, Kampoeng Sunda Adventure Villa kancil serta Bale Bambu Ciwidey namun ada juga beberapa persamaannya.

Nah Eco Bambu sendiri merupakan sebuah sanggar seni budaya yang dibangun dengan mengambil tema atau konsep yang menawarkan wisata edukasi seni budaya kepada pengunjungnya.

Setiap bentuk kegiatan wisata edukasi seni budaya di sanggar seni budaya sunda Eco Bambu Cipaku ini akan menyuguhkan nilai atau unsur observasi, atraksi serta Edukasi kepada pengunjungnya.

Padukan Wisata Edukasi Seni Budaya dengan Alam

Sahabat traveler’s, dengan mengusung tema ” Wisata Edukasi Seni Budaya dan A Blend With Nature “, maka selain wisata edukasi dan budaya, di sini juga menawarkan sisi Wisata Alam Bandung yang Eksotis dan Romantis.

Terletak di atas perbukitan, pengunjung akan mearasakan suasana alam yang nyaman dan asri serta hijau.

Di kawasan ini anda bisa jalan-jalan menghirup udara nan segar khas pegunungan, olahraga jogging dengan trek jalan yang kanan kirinya rindang dengan pepohonan besar serta ditemani gemericik suar air sungai yang warnya sangat jernih sekali.

Tidak salah memang jika Eco Bambu Cipaku ini menawarkan konsep demikian, karena suasana atau atmosphere tempat ini sangat tenang dengan udara yang sejuk serta alami dengan dipadukan bangunan  berkonsep bambu laksana di Kebon Awi Kaffee

Berkunjung ke sini, dijamin anda akan sangat menikmati kenayamanan sebuah tempat wisata di Bandung utara, sehingga akan betah berlama-lama tinggal di sini, senikmat anda berwisata alam di Tempat Wisata di Ciwidey atau berada di kawasan Wisata Pangalengan Bandung.

Wisata Nuansa Tradisional Khas Sunda

Sahabat traveler’s, selain menawarkan sisi eksotisme Tempat Wisata Alam di Bandung, Eco Bambu Cipaku juga menawarkan daya tarik sebagai salah satu tempat rekreasi di Bandung yang sifatnya pengenalan tradisi dan seni budaya sunda.

Tidak salah jika kemudian tempat ini merupakan lokasi berkumpulnya berbagai macam komunitas para seniman dan budayawan sunda, selain yang ada di Bandung Science Center atau di Imah Seniman.

Berkunjung ke sini sahabat bisa menemukan beragam atraksi seperti permainan zaman dahulu, pencak silat, pagelaran musik degung, rampak kendang, angklung hingga wushu dan barongsay juga ada.

Wisata Kuliner Khas Sunda Terbaik

Sahabat traveler’s, belum lengkap sepertinya jika jalan-jalan berwisata ke tempat wisata di bandung manapun jika setelahnya kita tidak mencicipi kuliner khas bandung.

Nah, perlu sahabat traveler’s tahu, Eco Bambu Cipaku ini ternyata merupakan salah satu Tempat Wisata Kuliner yang menawarkan sensasi sebagai lezatnya kuliner ala Rumah Makan Sunda di Bandung.

Di sini terdapat Saung Kemanggi, sebuah Restoran sunda seperti Alas Daun di Kota Bandung yang menyediakan aneka kuliner khas resto sunda yang segar dan sehat plus aneka menu ikan.

Di sini tersedia aneka pilihan menu dengan harga terjangkau, seperti Paket Nasi Komplit mulai Rp.40.000/porsi, Nasi Goreng Rp.25.000, aneka hidangan ikan mulai Rp.50.000 hingga makanan ringan seperti mendoan dan bala-bala mulai Rp.12.000.

Manu asyik yang wajib anda coba di Restaurant Sunda Saung Kemanggi adalah menu ayam gorengnya yang tidak kalah enak dengan yang ada di ayam goreng Sambal Kkas Karmila hingga sambal hejonya wah seperti RM Sunda Cibiuk.

Untuk menu minumannya, di sini tersedia banyak mulai dari kopi, teh manis, lemon hingga minuman tradisional Khas Bandung pun ada yaitu Sakoteng dan Bandrek.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat lengkap dan menarik bukan ?

Fasilitas Wisata Eco Bambu di The Cipaku Garden Garden Hotel

Sahabat traveler’s, untuk kenyamanan pengunjung pihak pengelola pun sudah menyediakan banyak sekali fasilitas untuk kenyamanan semua pengunjungnya, diantaranya :

Bagi anda pengunjung yang ingin melakukan pertemuan bisnis atau usaha dengan klien atau para petinggi perusahaan, di sini tersedia fasilitas meeting yang lengkap dan refresentatif.

Bagi anda kelompok komunitas, ibu-ibu arisan atau yang lainnya, jika mau melakukan temu darat dan berkumpul, di sini telah disiapkan fasilitas gathering yang memadai.

Apakah anda akan mengikuti program Paket Outbound Bandung dan mencari Tempat Wisata Outbound di Bandung sekelas Sari Ater Hotel And Resort di Ciater ? datang ke Eco Bambu jawabannya !!

Apakah anda sedang mencari alternatif tempat resepsi pernikahan outdoor di bandung yang refresentatif seperti di Pine Forest Camp tempat artis jazz nasional andien menikah ?

Atau apakah anda sedang mencari tempat selain tempat resepsi pernikahan artis ternama indonesia Rafi Ahmad dan nagita di Bumi Sangkuriang ?

Nah, maka jawabannya anda bisa melangsungkan acara resepsi pernikahan di sini.

Selain itu, bagi anda yang sedang mencari Tempat di Bandung yang bagus untuk foto Prewedding selain Kawah Putih Ciwidey dan Grafika Cikole Lembang, silahkan di sini tersedia spot yang bagus untuk prewedding.

Yang lainnya, di kawasan ini pun anda bisa melakukan kegiatan pesta ulang tahunm atau pelaksanaan kelulusan berbagai perguruan tinggi, sekolah dan yang lainnya.

The Cipaku Garden Hotel

Sahabat traveler’s, bagi anda yang berencana melakukan liburan sekaligus ingin bermalam di sini, maka inilah salah satu Hotel di Bandung yang Bagus anda tinggali dengan harga sewa kamar hoteknya yang terjangkau.

Di sini tersedia beragam pilihan tipe kamar dengan fasilitas dan harga berbeda untuk setiap jenis ruang kamar hotelnya, seperti :

Ada kamar Suite Room, Grand Deluxe Room, Deluxe 1 Room, Deluxe 2 Room, Superior A Room, Sperior B Room dan Single Room

Harga Sewa Kamar The Cipaku Garden Hotel

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati layanan terbaik salah satu Penginapan di Jalan Setiabudhi Bandung ini, tersedia kamar hptel mulai dengan harga Rp.400.000/malam nya.

Harga Tiket Masuk Sanggar Seni dan Budaya Eco Bambu Cipaku Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda berkunjung ke sini maka anda selain anda akan mendapatkan hiburan, namun anda juga bisa sekaligus belajar dan langsung berinteraksi dengan berbagai kegiatan yang tersedia di sana.

Dan perlu anda ketahui, bahwa untuk setiap kunjungan, peserta akan bisa menikmati keberagaman dan kekayaaan seni budaya tradisonal sunda di sini selama 3 jam per sesinya.

Untuk Tiket Masuk ke Kampung Wisata Seni dan Budaya Tradisonal Sunda Eco Bambu di Cipaku Ledenga Bandung ini adalah sangat terjangkau bagi siapa pun.

Alamat Eco Bambu Cipaku Bandung

Jalan Cipaku Indah XII No 8, Cidadap, kelurahan Ledeng, Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia.

Nomer Telepon Eco Bambu Cipaku Bandung

Sahabat traveler’s, untuk menanyakan informasi harga tiket terbaru, informasi kegiatan atau acara, reservasi dan info penting lainnya, silahkan anda bisa menghubungi nomer kontak 0857-2270-0945

Jam Buka Eco Bambu Cipaku Bandung

Waktu Operasional Sanggar Seni dan Budaya Kampung Wisata Eco Bambu adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Peta Lokasi Eco Bambu Cipaku Bandung

Silahkan anda bisa melihat di sini.

Rute Jalan Menuju Eco Bambu Cipaku Bandung

Kendaraan Pribadi

Berlokasi tepat di bawah area komplek Perumahan Cipaku Indah, maka lokasi ini bisa anda tempuh melalui arah tol pasteur menuju ke jalan setiabudi hingga ke arah Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Nah di belokan kampus UI, tepatnya setelah Mesjid Al Furqon, silahkan arahkan kendaraan anda belok kanan menuju arah perumahan di atas.

Masuk ke area ini anda harus menuruni jalan, dan di sepanjang jalan tersebut akan anda lihat banyak petunjuk menuju arah ke Cipaku Garden Hotel.

Nah, selepas kantor kepala desa Ledeng, anda akan temukan pertigaan, yang mana jika ambil ke arah kiri ke arah Hotel, jika ke kanan ke arah kolam renang cipaku dan kampung wisata Eco Bambu Cipaku.

Kendaraan Umum

Saat ini banyak trayek Rute Angkot di Bandung yang melayani menuju ke tempat ini, seperti :

Angkutan Cicaheum – Ledeng, Angkot Kebon Kelapa – Ledeng, Angkot St.Hall – Lembang, Anhgkot Ciroyom – Lembang, Bus Damri terminal Leuwipanjang – Ledeng dan Bus Damri Civaheum – Ledeng.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar salah satu Tempat Wisata di Bandung Utara yang menawarkan konsep Kampung Wisata seni dan budaya trradisional sunda, Eco Bambu Cipaku.

Jika anda tertarik mengunjungi tempat wisata edukasi seni dan budaya di kota bandung ini bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, saya punya sedikit Tips Wisata ke Bandung yang murah bagi anda.

Cara atau Tips Wisantanya adalah mulai sekarang anda jangan ragu untuk melakukan perjalanan wisata ke bandung dengan menggunakan jasa dari Tour Travel Bandung.

Rasakan travelinhg ke bandung dengan cara yang mudah, efisien dan efektif. Anda tidak perlu lagi repot mengurus semuanya sendiri.

Gunakan penawaran menarik berupa Promo Harga dari sejumlah Paket Wisata Bandung Murah dari mereka seperti Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasinya semoga bermanfaat, dan ingat jika anda liburan ke bandung, mampirlah di Eco Bambu Cipaku.

Eco Bambu Cipaku
Eco Bambu Cipaku Bandung

Place Name: Eco Bambu Cipaku

Place Description: Tempat Wisata Seni dan Budaya Tradisional di jalan Cipaku Bandung

More...

  • Eco Bambu Cipaku
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Eco Bambu Cipaku
Alamat : Jl.Cipaku Indah XII No 8 Bdg
No Tlpn : 085722700945
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : -
Fasilitas : Hotel,Resto dll.
Social Media : @EcoBambuCipaku

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...