Curug Cinulang Bandung – Info Harga Tiket,Fasilitas & Review

Loading...

Curug Cinulang – Tahukah anda salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang keindahan serta keromantisan nya dijadikan sebuah lagu yang sangat populer di Bandung dan wilayah Jawa Barat ? Ya,Curug Cinulang atau air terjun Cinulang adalah objek wisata di Bandung yang telah menjadi sebuah ikon dari tempat yang sangat spesial menjadi sumber inspirasi bagi siapa pun yang mengunjungi kawasan wisata alam di bandung timur ini.

Seperti apakah keindahan serta magis keromantisan Curug Cinulang sehingga menjadikannya salah satu wisata air terjun di Bandung yang sangat terkenal dan begitu fenomenal namanya ?

Berikut penulis akan kupas habis tentang seputar Alamat lengkap rute jalan, Harga tiket masuk serta lagu Curug Cinulang yang paling populer dan terkenal di Jawa Barat yang di bawakan oleh seniman legendaris sunda jawa barat Darso.

Curug Cinulang

Curug Cinulang atau populer juga dengan nama Curug Sindulang,adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung timur yang tepat berbatasan dengan kabupaten Sumedang lokasinya.Salah satu Tempat Wisata yang menarik di Bandung ini lokasinya berada di desa sindulang kecamatan Cimanggung.

Tempat wisata Alam di Bandung ini selalu ramai dan dipenuhi wisatawan bukan hanya di waktu musim liburan panjang saja,akan tetapi di setiap akhir pekan,lokasi favorit para kawula muda-mudi di bandung untuk menghabiskan waktu bersama pasangan atau teman-temannya ini juga selalu menjadi pilihan wisata.

curug cinulangKawasan Bandung yang dikenal sebagai daerah cekungan yang dipagari oleh pegunungan,memang dikenal sebagai salah satu daerah yang eksklusif sebagai destinasi wisata Favorit di jawa barat, nasional bahkan mancanegara. Lokasinya berada di kawasan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Populer dengan berbagai wisata alamnya yang aduhai serta memiliki karakteristik yang unik,maka berbagai lokasi wisata alamnya selalu menjadi pilihan serta buruan para pecinta alam khas pegunungan yang ingin mencari kesejukan serta ketenangan di tengah suasana hutan.

Suasana alam pegunungan yang segar dan fresh udaranya,bahkan digunakan sebagai lokasi umtuk mencari sumber inspirasi bagi para seniman bandung dan kota-kota yang lainnya di indonesia dan dunia.

Nah,tapi di balik cerita keindahan dan eksotisme dari curug sindulang yang populer ini, penulis pun mendapatkan fakta mengejutkan,yakni sebuah sejarah akan mitos curug cinulang yang sampai saat ini diyakini kebenaran serta tuahnya..!!

Nah mau tahu seperti apa sejarah sekaligus misteri air terjun di bandung yang sangat terkenal ini ? langsung baca saja terusan ceritanya di halaman selanjutnya di bawah ini.

Sejarah dari Misteri Curug Cinulang Bandung

Sejarah & Mitos Curug Cinulang

Sebelum penulis mengungkap fakta misteri curug cinulang ini,penulis mau bertanya,siapakah yang menentukan Jodoh kita ? eeittt,,jangan dijawab dulu !! ga seru kalau dijawab di awal,karena semua sudah pasti tahu jawabannya kan ? coba baca dulu kisah dan fakta dibalik cerita mistis curug cinulang ini.

  1. Masyarakat sekitar hingga detik ini ternyata masih meyakini betul,bahwa misteri ini memang kuat dan sudah menjadi fakta umum, bahwa dimana ada pasangan kekasih yang sedang menjalin cinta dan tengah menuju proses menuju pernikahan,lantas kemudian datang ke tempat ini, maka sugesti yang sering menjadi bukti fakta adalah jalinan kasih mereka akan putus di tengah jalan hingga berakhir sebelum sempat naik ke jenjang pernikahan.
  2. Hal unik dan misteri lainnya adalah justru kebalikan dari misteri di atas,yakni apabila mereka atau setiap pengunjung baik laki atau perempuan,dewasa atau tua yang datang ke Curug Sindulang di Bandung ini secara sendiri-sendiri, diyakini betul oleh warga masyarakat sekitar,maka pengunjung itu bakal mudah menemukan sekaligus mendapatkan pasangan bahkan bisa jadi jodoh kita yang tentunya melalui ikhtiar jalan pertemuan dan pandangan pertama diantara mereka di lokasi wisata cinta di bandung ini.

Bilieve it or not ? yang pasti Jodoh ada di tangan tuhan Allah SWT.Percaya atau tidak percaya dengan berbagai kejadian berupa misteri di curug cinulang ini tentang kejadian-kejadian di atas,biarlah misteri itu menjadi tetap misteri selama anda tidak meyakini bahwa jodoh anda ditentukan oleh sebuah Curug.

Nah,sekarang anda sudah tahu tentang sejarah berupa misteri Curug SinDulang,apakah anda siap berkunjung ke sana ? untuk itu teruskan membaca ke halaman selanjutnya,sebagai panduan serta referensi tujuan wisata anda ke depan.!!

Curug Cinulang Cicalengka 

Curug Cinulang

Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas,bahwa Curug ini adalah lokasi wisata terkenal dan populer Bandung yang posisinya berada di perbatasan antara wilayah kabupaten Sumedang serta wilayah Bandung Timur.

Penulis berpendapat bahwa karena alasan akses rute jalan ke Curug cinulang yang paling mudah, cepat dan nyaman bisa ditempuh hanya melalui daerah Cicalengka wilayah bandung timur.

Untuk itu wisata khas pegunungan bandung ini pun lebih populer di sebut curug cinulang cicalengka bandung.Bagi wisatawan dan pencari di internet ( Nettizen ) dari pada mengenal sebagai objek wisata air terjun kabupaten Sumedang.

Nah seperti apa daya tarik wisata di Curug Cinulang ? silahkan lanjutkan kelanjutan artikel info wisata di Bandung ini.

Daya Tarik Wisata Curug Cinulang

Kalau ditanya kenapa saya rekomendasikan curug cinulang sebagai salah objek wisata alam di bandung yang wajib anda kunjungi di waktu akhir pekan apalagi di musim liburan panjang ?,maka berikut adalah alasan penulis kenapa anda harus datang ke air terjun di Bandung yang popler serta terkenal dengan sebutan Curug sindulang ini  :

Pemandangan alam Curug Cinulang 

Sekali anda datang ke curug yang satu ini, maka penulis jamin anda akan takjub dan betah untuk berlama-lama di salah satu lokasi wisata alam pegunungan yang ada di Bandung ini.

Seperti wisata Air terjun Bandung lainnya yakni Curug Malela si Niagara mini Bandung atau juga Air Terjun Pelangi di Cimahi,tempat wisata berupa air terjun di Bandung dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah, super eksotis dan romantis dengan background alam khas yang dikelilingi dengan perbukitan dan mempunyai udara yang sejuk dan bersih sangat sehat buat kesehatan tentunya.

Apabila anda datang kemari,setiap tetesan keringat dari setiap langkah untuk menuju menyusuri jalan ke Curug yang indah di bandung ini akan membut denyut jantung anda berdegup kencang,sehingga membuat aliran darah menjadi lancar dan fisik serta pikiran akan melepaskan beban serta stress yang diakibatkan dari rutinitas kerja di kota.

Sensasi Air terjun 

Inilah sensasi yang bisa dan akan anda temukan di Curug Cinulang yang ada di Bandung.Curug ini memiliki dua buah jalur air terjun mempesona yang indah dan saling berdampingan dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Air yang terjun bebas dari ketinggian tersebut begitu sangat deras karena seperti dijatuhkan dari ketinggian tebing pegunungan,sehingga suara dari gemuruhnya air terjun yang sampai di dasar atau lembah bisa kita dengar hingga ke pintu masuk salah satu tempat wisata di bandung yang murah dan menarik ini.

Sensasi wisata alam Gemuruh suara air dari air terjun di bandung ini,tentunya akan memberikan efek ketenangan, keyamanan atau rileksasi pikiran dan hati bagi setiap pengunjungnya.

Kemudian dari jatuhan air terjun yang deras yang mampu menciptakan uap air yang berhamburan dan bertebaran memenuhi kawasan curug cinulang,akan memberikan sensasi dan romantisme karena anda akan melihat bentukan indah warna pelangi serta setiap sentuhan uap air yang mengenai wajah dan tubuh anda akan memberikan rasa dingin dan sejuk yang tiada tara.

Bagaiamana,penasaran dengan sensasi wisata khas curug yang menarik ini ? Apabila iya, di bawah ini anda akan mengetahui alamat serta rute jalan menuju kawasan wisata air terjun di Bandung Curug Cinulang.

Alamat Curug Cinulang

  • Bagi Para wisatawan yang ingin menikmati sensasi air embun yang jatuh bersamaan dengan air terjun aliran Sungai Citarik setinggi sekitar 30 meter ini,bisa datang ke lokasinya yang beralamat di Desa Tanjungwangi, kecamatan Cicalengka wilayah bandung timur.

Jam Buka Curug Cinulang

  • Waktu Operasional objek wisata ini adalah setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Rute Jalan ke Curug Cinulang

Untuk menuju salah satu lokasi wisata alam di Bandung timur yang terkenal,maka anda memerlukan waktu tempuh sekitar lebih 1,5 jam dengan menggunakan jalur tol Cileunyi yang lantas meneruskan perjalanan ke arah Nagreg lalu ke jalan raya By pass Cicalengka.

Kita tidak akan terlalu sulit untuk meneruskan perjalanan karena jalan yang dilalui relatif ramai penduduk dan medan jalan yang relatif mudah serta lengkap dengan papan penunjuk jalan menuju Curug Cinulang.Jarak lokasi wisata alam air terjun Curug Cinulang itu sekitar 7 km dari Jalan Raya By Pass Cicalengka.

Untuk menuju Tempat wisata curug di Bandung ini dari arah Sumedang,anda harus terlebih dahulu melewati jalan Cadas Pangeran yang identik dengan kemacetan jalannya, setelahnya anda ambil rute jalan menuju daerah Simpang Pamulihan yang menuju Kecamatan Cimanggung.

Dari Kecamatan Cimanggung ini kita mempunyai dua alternatif jalan, yang pertama dengan mengambil arah Nagreg seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, dan alternatif ke-2 adalah melewati jalan di Desa Tegalmanggung.

Dengan menyusuri jalan desa yang cukup menanjak serta relatif sempit dan kondisinya kurang berlubang, ditambah lagi dengan banyaknya tanjakan serta tikungan sepanjang perjalanan, jalan menuju Curug Cinulang melalui Desa Tegalmanggung ini relatif lebih sepi dan tanpa penunjuk jalan.

Peta Maps Curug Cinulang

  • Untuk menuju objek wisata di bandung Curug Cinulang,anda bisa mengakses peta lokasinya di google map seperti yang tertera di sini.

Nah,sekarang sudah ketahuan kan alamat serta akses jalan menuju kawasan wisata Curug Cinulang ini.! sekarang berapa harga tiket masuk curug cinulang serta informasi wisata dan daya tarik lainnya seputar Curug Cinulang ?

Harga Tiket Curug Cinulang

Harga tiket masuk Curug Cinulang terbaru adalah Rp.5.000/orang berdasarkan informasi yang penulis peroleh per tulisan ini dibuat,untuk lebih jelasnya,bisa anda dapatkan info harga tiket masuk curug cinulang yang terbaru langsung di tempat pembelian karcisnya sewaktu anda berkunjung ke sana.

Yang pasti untuk masuk ke salah satu tempat wisata di bandung yang murah dan menarik ini tidak akan merogoh terlalu dalam isi kocek anda untuk budget liburan anda.

Tips Wisata ke Curug Cinulang

  • Untuk menuju ke arah lokasi wisata Curug Cinulang pengelola hanya mengizinkan pengunjung menggunakan minibus atau sepeda motor karena kondisi jalan yang sempit.Selain kendaraan itu,seperti bus hanya diperbolehkan sampai jl By Pass Cicalengka
  • Bawa persediaan pakaian kering dan juga jaket,yang akan anda gunakan apabila baju anda basah dan setelah berenang anda kedinginan.
  • Jagalah kebersihan lokasi wisata selama anda berwisata di sana.buanglah sampah pada tempatnya sebelum anda melangkahkan kaki untuk pergi sekaligus keluar dari lokasi wisata.
  • Lokasi ini sangat cocok bagi terapi pijat alami,sehingga apabila anda butuh rileksasi di bagian pundak dan kepala,anda bisa berendam sambil bagian tubuh yang di rasa sakit dan bermasalah tadi anda posisikan tepat pada jatuhan air terjun yang lumayan kuat dan deras ini.

Video Lagu Curug Cinulang 

Curug Cinulang berhasil diangkat namanya ke tingkat Jawa Barat dan juga nasional,salah satunya adalah dengan adanya lagu yang mengambil tema dan inspirasi dari salah satu curug yang ada di Bandung ini.

Sang legendaris seniman sunda asal Bandung yang telah meninggal beberapa waktu yang lalu,Almarhum Darso berhasil melambungkan nama salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup fenomenal ini.

Nah,bagaimana sisi romantis penggambaran dari lagu Curug Cinulang khas almarhum kang Darso itu, berikut adalah video Curug Cinulang versi yayan jatnika yang merupakan anak legendaris seniman sunda tersebut.

Nah,sebelum menutup dengan video lagu curug sindulang di bawah ini,penulis berharap semua informasi seputar Tempat Wisata Air Terjun di Bandung selatan ini bisa memberikan manfaat sebagai rujukan wisata anda ke Bandung yakni Curug Cinulang.

 

 

Curug Cinulang
  • Curug Cinulang

Info Wisata

Nama : Curug Cinulang
Alamat : Cicalengka Sindang Wangi, Sumedang
No Tlp : -
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Fasilitas : Mushola,MCK,Warung dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
loading...

One Response

  1. dian mardiana 29/10/2016

Leave a Reply