Curug Bugbrug – Wisata Saksi Bisu Bandung Purba

Loading...

Curug Bugbrug – Anda seorang pecinta alam yang mau merencanakan liburan dengan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung yang terkenal dengan wisata alamnya yang masih perawan dan belum terjamah banyak wisatawan ? Sudah pasti Bandung punya segalanya. Maukah saya tunjukan salah satu tempat wisata alam air terjun yang indah di bandung yang wajib anda kunjungi jika sudah mengetahuinya ? ya, inilah air terjun Bugbrug, salah satu destinasi wisata lembang yang lebih populer dengan sebutan Curug Bugbrug. Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya penulis blog Info wisata bandung, yang pada kesempatan ini saya akan mereview salah satu objek wisata alam di bandung barat, tepatnya berlokasi di jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, yaitu Curug Bugbrug. Semoga informasi ini akan menambah koleksi artikel saya untuk Daftar Tempat wisata Alam di Bandung khususnya wisata air terjun yang pernah saya tuliskan sebelumnya seperti Curug Cimahi, si fenomenal Curug Malela, Curug Tilu dan Curug Cinulang serta yang lainnya.

Curug Bugbrug

Curug Bugbrug

Keindahan Curug Bugbrug Lembang

Sahabat traveler’s, sesuai dengan namanya kata Bugbrug dalam bahasa sunda adalah berarti bertumpuk atau tumpah tindih. Jadi kalau ditanya kenapa air terjun di bandung ini dinamai curug bugbrug adalah karena air yang jatuh dari atas ke bawah itu seperti terlihat bertumpuk-tumpuk atau bisa jadi terdengar suara jatuhnya air di dasar curug terdengar suara ” brug…brug…brug ” saking kerasnya. Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan air laut, Curug Bugbrug memiliki ketinggian tidak kurang dari 50 meter tingginya dengan lebar curug 2 meter. Sementara kolam air di bawahnya yang menampung jatuhan air yang cukup deras dan keras air terjun ini airnya cukup jernih bersih dan cukup tenang dengan kedalaman mencapai antara 3 – 4 meter. Curug Bugbrug adalah salah satu destinasi di Kawasan Wisata Lembang, yang seperti kita tahu sebuah wilayah di utara bandung yang menjadi pusat buruan wisatawan yang berlibur ke bandung. Objek wisata ini berlokasi tepatnya berada di kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung barat, dan di dekatnya sangat banyak sekali tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di Lembang.

Wisata Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas, bahwa Bandung memiliki banyak sekali objek wisata air terjun yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata alam favorit. Salah satunya yang berada di kawasan wisata Lembang. Beberapa tempat wisata air terjun memang terbukti ada yang fenomenal, namun yang lainnya masih perlu dibenahi sarana dan prasarana wisatanya dan juga promosi wisatanya. Ada beberapa nama curug di kawasan wisata Lembang dan sekitarnya yang belum tergarap namun sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata yang bisa menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Diantaranya adalah Curug Layung, Curug Panganten dan Curug Lalay. Namun penulis sangat yakin, dengan semakin banyaknya wisatawan yang berburu mencari tempat-tempat wisata baru yang lebih menarik, maka curug-curug ini pun akan menjadi populer dan ikut terekspos juga. Kembali lagi ke wisata yang ada di curug bugbrug, jika anda berkunjung ke sini, maka ada beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan di sana, pastinya dijamin seru dan sangat menyenangkan.

Wisata Alam Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di tengah hutan kawasan wisata lembang, menjadikan tempat ini sangat cocok bagi anda wisatawan khususnya asal perkotaan seperti jakarta yang ingin mencari suasana alam yang akan memberikan rasa tenang dan nyaman. dan curug bugbrug bisa dijadikan salah satu tempat rekreasi di bandung yang tepat untuk dijadikan tempat refreshing sekaligus relaksasi tubuh dan pikiran dari beban hidup keseharian. Dimulai dari perjalanan wisata menuju curug, kemudian setelah tiba, mata anda akan disuguhi pemandangan nan indah berupa pesona jatuhnya air dari ketinggian curug ke bawah yang menimbulkan benturan keras yang menggetarkan jiwa, hempasan kabut air dingin yang terlempar ke udara akibat benturan yang menyentuh kulit anda, benar-benar akan menjadi sensasi sekaligus obat alami penyejuk mata dan ketenangan hati. Curug Bugbrug Belum cukup puas dengan itu, anda pun bisa bermain-main air di bawah curug, di mana di situ terdapat kolam penampungan air terjun yang airnya cukup dingin dan sangat jernih khas air pegunungan. Namun, perlu diperhatikan juga, bahwa setiap pengunjung tidak disarankan untuk berenang di lokasi kolam tersebut, karena meskipun terlihat menantang, konon pusaran air yang ada di tengahnya cukup kuat dan bisa membahayakan pengunjung yang berenang. Nah sahabat, tapi ada satu kegiatan yang wajib anda jangan lewatkan di sini untuk dicoba, jika memang anda tidak diperkenankan untuk berenang di sini, yaitu berfoto-foto ria mengambil gambar di sekitar objek wisata curug bugbrug ini. Tempatnya cukup eksotis untuk bidikan kamera anda, terutama di bagian sisi sebelah timur yang ada batu-batu besar, kemudian tepat di depan curug dimana ada jalan titian kayu dan bambu.

Wisata Sejarah Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, ada satu hal menarik lainnya yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke sini. Curug Bugbrug adalah salah satu tempat wisata sejarah di bandung, yang mana lokasi air terjun ini merupakan saksi bisu dari sejarah Bandung yang ada kaitannya langsung dengan objek-objek wisata sejarah yang populer lainnya seperti Gua pawon, Sanghyang Tikoro dan Gunung Batu. Perlu anda ketahui, banyak curug di Bandung yang memang awalnya terbentuk dari aliran lava gunung purba yang terbentuk ratusan ribu tahun yang lalu. Dan curug bugbrug adalah merupakan bagian dari patahan lembang, yang merupakan jalur yang telah menjadi saksi hilangnya danau bandung purba serta diyakini menurut seorang ahli dari amerika dengan penelitiannya, bahwa dari jalur patahan lembang inilah juga, jika terjadi gempa, maka wilayah bandung akan hancur….semoga saja tidak terjadi.

Fasilitas Wisata Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, untuk saat ini fasilitas wisata yang bisa menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang ke sana belum lengkap seperti objek wisata lainnya yang sudah terkenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan. Tapi sebenarnya, bagi anda yang yang benar-benar pecinta alam sejati, keadaan fasilitas yang masih terbatas dan sederhana, justru akan semakin menambah sensasi bahwa kita sedang berada di tempat yang belum terjamah banyak orang alias masih alami. Untuk masalah fasilitas, di sekitar curug bugbrug, terutama di sisi sebelah barat terdapat beberapa saung sederhana yang bisa anda manfaatkan untuk anda bersantai menikmati keindahan alam sekitar curug dari arah sebelah atas. Selain itu ada sebuah tempat beribadah yaitu mushola serta kamar mandi yang sederhana juga, namun akan cukup sedikit memberi kenyamanan anda. Untuk masalah tempat makan, di lokasi ini masih belum terdapat warung atau kedai-kedai dari para pedagang yang biasanya di tempat wisata lain di bandung selalu ada. Jadi, jika anda mau berkunjung ke sini, membawa perbekalan makanan dan minuman yang secukupnya adalah hal wajib yang harus anda perhatikan.

Tempat wisata di sekitar Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, jika anda berkunjung ke Curug Bugbrug, maka anda pun bisa melakukan kegiatan wisata lainnya yaitu mengunjungi banyak tempat wisata menarik lainnya yang ada di lembang. Dan curug bugbrug sendiri sangat begitu dekat dengan sejumlah objek wisata terpopuler saat ini di Bandung, terutama yang berada di kawasan wisata lembang. Lokasi curug bugbrug berada satu kawasan dengan air terjun terindah di bandung yang berjuluk “Rainbow waterfall” atau curug pelangi yang merupakan nama populer untuk Curug Cimahi, serta lokasinya sangat dekat juga dengan salah satu Tempat Penginapan di Bandung yang terkenal di Lembang yaitu Villa Istana Bunga serta tempat camping di Bandung yang terkenal yaitu Ciwangun Indah Camp (CIC), dan juga pusat wisata kuliner paling romantis di lembang yaitu Dusun Bambu.

Alamat Curug Bugbrug

  • Jalan Kolonel Masturi, Desa kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang kabupaten Bandung Barat.

Nomer Telepon Curug Bugbrug

  • Sehubungan tempat wisata alam di lembang bandung ini masih dalam tahap pengembangan baik sarana dan prasarananya, jadi untuk mendapatkan informasi terbaru atau apa pun yang anda butuhkan, saat ini belum bisa dilakukan melalui nomer telepon.

Jam Buka Curug Bugbrug

  • Untuk waktu kunjungan wisata ke sini, sebenarnya tidak ada batasan waktu alias 24 jam pun buka jika mau, namun waktu yang populer biasanya wisatawan datang berkunjung ke sini adalah mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Curug Bugbrug

  • Tiket masuk ke Curug Bugbrug belum ada harga yang resmi, namun jika anda berkunjung ke sini, siapkan saja uang untuk itu sekitar Rp.7.500, dan siapkan juga uang untuk tiket kendaraan anda, motor Rp.2.000 sementara Mobil adalah Rp.5.000

Peta Lokasi Curug Bugbrug

Rute Jalan Menuju Curug Bugbrug

Sahabat traveler’s, tempat ini sangat ideal jika anda kunjungi bareng-bareng bersama teman-teman anda. keseruan di jalan menuju lokasi dan bermain bersama di Curug akan semakin terasa menyenangkan dan tentunya anda tidak sepi alaias ramai. Nah, untuk mengakses lokasi wisata ini, ada beberapa jalur atau rute yang bisa anda gunakan, seperti berikut ini.

  1. Rute dari arah Curug Cimahi, nah jika sahabat sebelumnya berkunjung dulu ke curug cimahi, maka anda bisa menempuh jalan menuju ke sini dengan berjalan ke arah timur hingga menemukan jembatan. Dari dekat jembatan anda kemudian berbelok ke arah utara dengan menyusuri jalan setapak melintasi ladang dan perkebunan petani. Dan setelahnya anda akan menemukan posisi curug yang tepat di sudut sebuah tebing.
  2. Rute dari Villa Istana Bunga, nah jika anda memutuskan bermalam di tempat penginapan Villa istana bunga selama liburan di bandung, maka anda cukup leluasa untuk mengakses obejk wisata curug yang satu ini. Jaraknya tidak terlalu jauh, anda cukup berjalan kaki kurang lebih 300 meter saja.
  3. Jalur Komando, lokasinya sangat dekat dengan tempat makan di bandung yang sangat populer Dusun bambu Lembang. Jika anda start dari sini, titipkan saja kendaraan anda di sana dekat mesjid. untuk mencapai lokasi curug bugbrud anda hanya memerlukan waktu berjalan santai sekutar 30 menit saja.

Catatan : sebagai saran dari saya sekaligus tips berwisata ke curug bugbrug adalah, jika anda mau berkunjung ke sana seperti sekarang di musim penghujan, maka jalanan menuju lokasi yang masih berupa tanah, maka keadaannya akan sangat becek dan berlumpur. Jadi, yang wajib anda perhatikan adalah gunakanlah jenis sepatu yang tahan dan bisa atasi jalur jalan seperti ini sekaligus membuat anda nyaman, seperti menggunakan sepatu boot atau sendal dan sepatu gunung khusus. Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi wisata lembang bandung yang wajib anda ketahui, dan bila waktunya memungkinkan, silahkan anda bisa mengunjunginya di waktu liburan, baik akhir pekan atau libur nasional yang panjang. Jadi , ingat air terjun di lembang, anda harus menjajal Curug Bugbrug.

Curug Bugbrug
  • Curug Bugbrug

Ringkasan

Nama : Curug Bugbrug
Alamat : Jl.Kolonel Masturi,Kertawangi Cisarua Lembang
No Telp : -
Jam Buka : Setiap Hari, 24 jam
Tiket Masuk : Rp.7.500
Fasilitas : Saung,Mushola & Kamar Mandi

5.0
User Rating 4.5 (2 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply