Curug Bellarosa – Wajah Baru Air Terjun Keraton Suntenjaya Bandung

loading...

Curug Bellarosa – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang menawarkan destinasi wisata air terjun yang indah dan masih alami ? Jika demikian, inilah Objek wisata curug di Bandung, Curug Bellarosa.

Hai sahabat kang dian semuanya, jumpa lagi dengan saya penulis dan admin blog informasi seputar Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang menarik dan terkenal, yang pada kesempatan kali ini akan me-Review destinasi wisata alam Curug Bellarosa.

Informasi ini semoga bisa menambah daftar Referensi Tempat Wisata Air Terjun di Bandung terkenal yang sudah banyak sekali kang dian berikan untuk anda seperti Curug Malela, Curug Cinulang, Curug Sawer, Curug Bugbrug, Curug Tilu, Curug Layung, Curug Cimahi dll.

Nah lantas, seperti apakah daya tarik Tempat Wisata Curug Bellarosa di Kabupaten Bandung Barat ini ? apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? berapa harga tiket masuk, alamat, peta lokasi, rute jalan dan jam bukanya ?

Yuk, di bawah ini kang dian bersama blog tempatwisatadibandung.info mengajak mengetahuinya secara detil untuk anda semua.

Curug Bellarosa

Curug Bellarosa Suntenjaya Cibodas Maribaya Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, berbicara seputar daya tarik sejumlah Tempat Wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, maka kita sebagai warga kota bandung dan juga wisatawan sudah mengetahuinya sebagai salah satu Surga destinasi wisata terfavorit dan terpopuler di Bandung, selain sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey dan Tempat Wisata di Bandung Utara lainnya.

Pariwisata Bandung saat ini terus berbenah menyambut dan menyongsong semakin banyaknya arus wisatawan baik dan luar negeri yang semakin membludak, dan salah satu kawasan yang terus bersolek mempercantik dan menambah fasilitas wisatanya adalah kawasan Lembang dan sekitarnya seperti Cibodas, Cikole dan Maribaya.

Keberadaan sejumlah Tempat Wisata di Kabupaten Bandung yang sudah sangat populer mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, Pasar terapung Floating Market Lembang, Dusun Bambu Lembang, Rumah Hobbit Farmhouse, Kampung Gajah, wisata ala koboy D’Ranch dll tampaknya belum cukup untuk berikan kenyamanan wisatawan.

Untuk itu, saat ini di kawasan Wisata Lembang dan sekitarnya kini terus berkembang dan berdiri sejumlah Tempat Wisata di bandung yang Baru yang tidak kalah asyik dan fenomenalnya, seperti dengan hadirnya obejk wisata Curug BellarosaCibodas Maribaya.

Objek wisata Curug Bellarosa ini sendiri adalah merupakan sebuah lokasi tempat wisata di Cibodas Bandung Barat, yang jaraknya cukup dekat dengan kawasan Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya yang saat ini juga tengah ngehits.

Tempat wisata air terjun Curug Bellarosa Cibodas di kabupaten Bbandung Barat ini, Kini telah menjadi destinasi wisata favorit wargi bandung dan juga wisatawan, khususnya kawula muda sebagai tempat menghabiskan waktu libur di akhir pekan dan hari libur lainnya.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata serta sejarah asal usul dari Curug Bellarosa di Cibodas Maribaya Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat ini ? Yuk kita lanjut saja membacanya di bawah ini.

Sejarah & Asal Curug Bellarosa – Wajah Kekinian Curug Keraton Cibodas Lembang

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui, asal usul sejarah nama kenapa tempat wisata air terjun di sekitar kawasan Lembang kabupaten bandung barat, tepatnya di kawasan Cibodas – Lembang ini sangatlah unik dan menarik.

Nama asal tempat sir terjun ini, sebelum berganti dengan Curug Bellarosa, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Curug Keraton Suntenjaya Cibodas, atau wisatawan menyebutnya Air Terjun Keraton ( Beda dengan Tebing Keraton )

Siapa dan kenapa nama air terjun ini berubah dari Curug Keraton menjadi Curug Bellarosa adalah karena keinginan dari pihak pengelola kawasan yaitu Perhutani dan dibantu masayarakat sekitar yang ingin mengembangkan potensi wisata di daerahnya menjadi lebih profesional dan komersial.

Asal tahu saja shabat traveler’s, sebelum kawasan wisata air terjun di sekitar maribaya ini menjadi populer seperti sekarang, dulunya kawasan di sekitar Curug Bellarosa Cibodas Lembang ini adalah kawasan hutan belantara yang kurang terjamah.

Namun atas inisiatif warga sekitar, dengan dengan ide salah seorang pria yang bernama Nandang Kosim yang diberikan tanggung oleh mereka, akhirnya diperbaikilah kawasan tersebut menjadi menarik tampak seperti sekarang sebagai sebuah kawasan Desa Wisata di Bandung yang sedang naik daun.

Daya Tarik Wisata Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Curug Keraton Bellarosa Suntenjaya Cibodas Maribaya Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya, apa sih daya tarik dari Tempat Wisata di Maribaya Lembang kabupaten BandungĀ  Barat ini, sehingga saat liburan anda wajib mengunjunginya ?

Nah, berikut ini kang dian akan gambarakan saja deh, kegiatan wisata yang menarik apa sih yang bisa anda lamukan dan nikmati selama berwisata di tempat yang dulunya bernama Curug Keraton Curug Ratu Suntenjaya Cibodas ini ?

1.Menikmati Alam Khas Pegunungan Yang Indah dan Alami

Sahabat traveler’s, salah satu daya tarik utama, kenapa saat ini banyak pengunjung yang didominasi warga bandung dan juga wisatawan berkunjung datang ke sini, adalah karena keasrian dan keindahan Tempat Wisata alam di Bandung Barat yang masih perawan ada di kawasan Curug Bellarosa ini.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi Tempat Wisata Alam air terjun di Bandung ini, anda akan ditemani bagaimana segarnya udara pegunungan di Kaki Gunung Bukit Tunggul, serta asrinya pemandangan hutan khas pegunungan Bandung yang bikin adem.

Hal tersebut dikarenakan, perjalanan anda menuju Curug Bellarosa ini memang akan membelah kawasan hutan pinus dengan batang-batang pohonnya yang menjulang tinggi, yang nampak seperti objek Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang Pal 16.

Jika anda lelah, beristirahatlah sejenak untuk menyeka keringat yang pastinya akan membasahi sekujur tubuh anda, sembari kemudian abadikanlah eksotisme keindahan alam di sini dengan kamera anda untuk kenang-kenangan dan anda pajang di akun medos anda.

Sahabat traveler’s, meski anda harus berjalan dengan cara sedikit hiking yang biasa anda lakukan ketika menjelajahi sejumlah Tempat Wisata Outbound Bandung dengan waktu sekitar 30 menit dari areal rumah warga di desa suntenjaya, kang dian jamin dengan sajian alam yang cantik, perjalanan anda menuju Curug Bellarosa tidak akan terasa lama.

Terlebih ketika langkah kaki anda mulai memasuki kawasan air terjun ini, maka sahabat semuanya akan disambut dengan pemandangannan indah berupa air terjun yang masih tampak alami, belum terjamah oleh banyak orang, bersih dan sangat jernih airnya.

Suasana buat pengunjung akan semakin nyaman untuk betah berlama-lama di Curug Bellarosa karena di sekitar curug ini terdapat saung-saung tradisional (gazebo) yang tampak bersih dan nyaman didiami.

Dengan atap saung dari serabut injuk dan bilik bambu sederhana sebagai dindingnya dengan pilar di tengah saung dari kayu, tempat wisata air terjun ini benar-benar sangat pas sebagai lokasi bagi anda untuk melepas penat dan beratnya beban aktifitas hidup keseharian anda.

2.Abadikan Cinta Anda di Batu Cinta Curug Bellarosa

Sahabat traveler’s, siapa bilang anda hanya akan menemukanĀ  simbol pemersatu “cinta” ketika mengunjungi Tempat Wisata di Bandung seperti di Taman Gembok Cinta Balai Kota Bandung saja ?

Atau kata siapa juga anda hanya akan menemukan simbol Batu Cinta di sekitar Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Selatan yaitu di Barusen Hill dan Pulau Cinta Situ Patenggang saja ?

Ssstt, di Curug Bellarosa Cibodas Maribaya, Kabupaten Bandung Barat pun ini ternyata ada loh !! yaitu Batu Cinta Bellarosa.

Batu Cinta ini adalah sebuah batu unik yang bentuknya pasti menyerupai bentuk hati, dan di lokasi ini biasanya digunakan sebagai lokasi tempat menyalakan api unggun bagi pengunjung yang bermalam atau berkemah di Bumi Perkemahan Desa Wisata Pasir Angling Suntenjaya Cibodas.

Nah, inilah juga yang merupakan salah satu spot menarik bagi anda yang punya hobby dengan kamera, yaitu berfoto selfie.

Bagaimana sahabat traveler’s, itu hanya 2 kegiatan wisata menarik yang bisa anda temukan dan nikmati bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan anda di Curug Bellarosa.

So, jika mau menemukan sensasi wisata di salah satu Tempat Wisata yang sangat Menarik di Kabupaten Bandung Barat ini, silahkan jajal petualangannya secara langsung dengan berkunjung ke sana.

Fasilitas Wisata di Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Sahabat traveler’s, meskipun masih sebagai Tempat Wisata Baru di Bandung Barat, tepatnya di Cibodas Maribaya, namun pihak pengelola PT Perhutani dibantu dengan masyarakat sekitar telah berupaya menyediakan beberapa fasilitas wisata yang akan menambah kenyamanan yang berkunjung.

Dan berikut adalah beberapa fasilitas wisata di Curug Bellarosa yang akan semakin membuat anda betah tinggal bersantai dan bermain di sana :

1.Saung Jamur

Bukan Bukit Jamur yang ada di Ciwidey, karena ini adalah merupakan sebuah saung dengan bentuk atau model bangunannya yang menyerupai jamur, dan merupakan tempat beristirahat pengunjung sembar menikmati hidangan makanan dan minuman.

2.Tempat Api Unggun

Bagi yang mau menikmati suasana malam di air terjun yang nama sebelumnya Curug Keraton Suntenjaya Cibodas ini, seru rasanya jika menikmati kebersamaan dalamĀ  kehangatan bareng keluarga, teman dan pasangan di tengah Api Unggun Lembang.

3.Tempat Pemancingan

Berkunjung ke Tempat Pemancingan di Bandung yang terkenal seperti Arena Pemancingan Bonita Saung Wargi Lembang atau di Bumi Sangkuriang tentu biasa, namun akan luar biasa jika anda memancing di kolam pemancingan curug bellarosa.

4.Ayunan Jungkit-Jungkitan

Jangan berpikir ini adalah tempat bermain anak atau playground anak, karena jungkitan dan ayunan di sini terbuat dari gelondongan kayu dengan ukuran yang besar.

5.Warung warga

Nah, jika berkunjung ke sini, anda juga tidak perlu repot harus membawa banyak perbekalan makanan dan minuman, karena di sini terdapat beberapa warung di rumah warga yang menyediakannya.

Nah itulah beberapa fasilitas wisata yang saat ini sudah tersdia di sekitar kawasan Curug Bellarosa Suntenjaya yang bisa anda manfaatkan selama liburan di sana.

Ke depan mungkin saja akan ada berdiri salah satu Tempat Penginapan di Bandung yang dibangun di sini, sebagai pelengkap sarana mengakomodasi wisatawan yang ingin bermalam di sana.

Harga Tiket Masuk Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati semua keindahan serta fasilitas wisata yang ada di Curug Bellarosa ini, setiap pengunjung cukup dikenakan tarif masuk dengan nominal Rp.5.000/orang.

Alamat Curug Bellarosa Cibodas Maribaya Lembang

Alamat Curug Keraton ini ada di Jalan Maribaya Timur, Desa Suntenjaya ( dekat Kampung Pasir Angling ), Cibodas Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia 40391

Nomer Telepon Curug Bellarosa

Bagi sahabat yang ingin mengetahui harga tiket masuk terbaru, kegiatan wisata di sana dan info penting lainnya, saat ini belum tersedia, jadi silahkan datang saja langsung ke sana.

Jam Buka Wisata Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Waktu operasional tempat wisata air terjun Bellarosa atau air terjun keraton ini adalah setiap hari, senin hingga minggu, 24 jam

Peta Lokasi Curug Bellarosa di Cibodas Maribaya

Silahkan anda bisa melihat di sini

Rute Jalan Menuju Curug Bellarosa Cibodas Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik dan mau berkunjung ke tempat yang lokasinya tepat berada di kaki pegunungan Bukit Tunggul di kampung Pasir Angling, dan lokasinya tidak jauh dengan objek wisata The Lodge Eartbound Adventure Park.

Nah untuk mengakses lokasi wisata ini, silahkan bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti arah jalan di bawah ini :

Bagi anda yang dari arah kota Bandung, arahkan kendaraan anda menuju Pasar Panorama Lembang. Dari sana anda akan melihat petunjuk jalan menuju kawasan wisata pemandian air di Bandung, Maribaya Natural Hotspring Park.

Selanjutnya ikuti arah menuju desa Cibodas, kemudian lanjut memasuki kawasan Lembah Bougenville Resort, kemudian The Lodge Maribaya dan terus mengikuti jalan hingga anda menemukan 2 minimarket indomart dan alfamart.

Nah di sekitar sana anda akan melihat perempatan jalan, dan silahkan ambil arah ke kiri dan selanjutnya iktui jalan tersebut hingga ujung dan mentok dan menemukan kawasan hutan pinus.

Jika kurang yakin, silahkan anda bisa bertanya kepada masyarakat di sekitar sana dengan bertanya Dimana Lokasi Wisata Curug Keraton di Desa Suntenjaya terlebih dahulu, bukan bertanya dimana lokasi Curug Bellarosa, karena bisa jadi masih awan mereka.

Nah setelah sampai menemukan lokasi, silahkan anda parkirkan kendaraan anda teerlebih dahulu, dan dari lokasi area parkir untuk menuju Curug Bellarosa ini anda harus berjalan sekitar 30 menit waktu perjalanan.

Tips Wisata Ke Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Sahabat traveler’s, ada sedikit Tips Wisata bagi anda yang amu berkunjung ke sana yang wajib anda perhatikan sebagai berikut :

Karena untuk mengakses lokasi curug ini anda harus melewati jalanan setapak yang masih belum bagus karena sedang diperbaiki, maka gunakan sepatu khusus untuk hiking atau juga yang tidak licin dipakai.

Kemudian bawalah serta makanan dan minuman yang secukupnya, terutama bagi anda yang membawa serta anak-anak, untuk antisipasi anak-anak anda memerlukan makanan dan minuman khusus yang belum tersedia di lokasi.

Bawalah juga pakaian hangat untuk antisipasi kedinginan, handuk kecil untuk bersih-bersih sehabis bermain air serta obat-obatan yang sering diperlukan.

Tempat Wisata di sekitar Curug Bellarosa Cibodas Maribaya

Nah sahabat traveler’s, jika anda berkunjung ke sini, maka anda pun selama perjalanan dan berada di sekitar Curug Bellarosa dapat menjangkau lokasi tempat-tempat wisata di Lembang bandung barat lainnya.

Di sekitar sini ada objek wisata pelaksanaan kegiatan outbound di Bandung D’CAMP Cibodas Alam Madani Park, kemudian juga Kebun Begonia dan pastinya dekat juga dengan Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang, Bandung Treetop Adventure serta Pemandian Air Panas Ciater, baik di Sari Ater Hotel & Resort maupun Ciater Highland Resort.

Bagaimana sahabat traveler’s, cukup menarik bukan ? apakah anda tertarik untuk segera berkunjung ke Curug Bellarosa di Cibodas Maribaya ? atau berkunjung ke tempat-tempat wisata di bandung terkenal lainnya ?

Jika iya, sebelum menutup tulisan ini, kang dian juga akan berikan sedikit Tips Wisata Ke Bandung yang Murah bagi anda calon wisatawan yang mau datang ke kota kembang, khususnya yang baru pertama kali.

Tips Wisata nya adalah silahkan segera hiubungi atau datangi sejumlah Tour Travel Bandung, dan dapatkan informasi penawaran terbaik mereka beruapa program perjalanan wisata dengan menggunakan Paket Wisata Bandung Murah.

Rekomendasi saya bagi anda yang mau liburan dengan keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, silahkan anda bisa memilih berpetualang ke Bandung yang lengkap dan seru dengan Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bandung Barat yang baru, tepatnya di Desa Suntenjaya ( dekat Kampung Pasir Angling ), Cibodas Lembang, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat, Curug Bellarosa.

Curug Bellarosa
Curug Keraton Bellarosa Suntenjaya Cibodas Maribaya Lembang Bandung

Place Name: Curug Bellarosa

Place Description: Tempat Wisata Alam Air Terjun di Desa suntenjaya Pasir Angling Cibodas Maribaya Lembang Bandung Barat

More...

  • Curug Bellarosa
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Curug Bellarosa
Alamat : Ds.Suntenjaya,Cibodas Bandung
Nomer Telepon : -
Jam Buka : Senin-Minggu,24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000/oranG
Fasilitas : Saung,Kolam Pancing dll

4.5
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...