Cibolang Pangalengan – The Best Of Hotspring Water

Cibolang PangalenganTempat Wisata di Bandung Selatan yang sangat terkenal tidak hanya berada di kawasan Wisata Ciwidey saja, akan tetapi objek wisata pangalengan pun menyimpan sejuta pesona ayang akan memanjakan wisatawan, termasuk kawasan wisata Cibolang Pangalengan.

Halo sahabt traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informasi tempat-tempat wisata di bandung dan sekitarnya, yang pada postingan kali ini akan mereview tempat wisata yang terkenal dengan pemandian air panasnya yaitu Cibolang Hotspring Water.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata yang ada di Cibolang Pangalengan ini ? berlokasi di mana dan bagaimana cara menuju ke sana ? berapa harga tiket masuk ke sana ? serta informasi menarik yang lainnya, yuk kita simak saja di bawah ini.

Cibolang Pangalengan

Cibolang Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’ pecinta Wisata Bandung, bicara tempat wisata di pangalengan, maka anda pasti sudah mengenal juga bahwa di sana terdapat salah satu satu Situ Bandung yang terkenal Situ Cileunca dengan salah satu pegunungannya yang populer Gunung Malabar.

Nah, sama dengan objek wisata di atas, Cibolang Pangalengan sendiri adalah sebuah lokasi wisata yang terletak di dataran tinggi pegunungan bandung selatan yaitu dengan ketinggian 1.000 – 1.400 mdpl dengan luas hampir 2 hektar.

Jika anda berkunjung ke sana, maka lokasinya dapat kita tempuh tidak lebih memerlukan waktu berkendaraan selama 1 jam saja dari arah kota bandung. Jika anda dari arah jakarta, ke depan akan lebih singkat lagi, karena sebetar lagi jalan Tol Soreang – Pasirkoja segera beroperasi.

Saat ini objek wisata pangalengan memang tengah ramai jadi destinasi buruan wisatawan yang sedang liburan ke bandung. Hal ini tidak lepas dari tempatnya yang memang berhawa sejuk dengan suhu udara antara 12 – 28 derajat celcius, dengan pemandangan alam yang masih alami, asri dan segar.

Hal itu tidak salah karena, sebagaian besar kawasan wisata Cibolang pangalengan ini merupakan hamparan perkebunan teh yang tumbuh subur dan hijau, terlebih di kawasan wisata ini pun telah dilengkapi banyak fasilitas wisata yang akan menjadikan wisatawan betah berlama-lama tinggal di sana.

Nah, wisata apa saja yang menarik yang bisa pengunjung dapatkan jika datang berlibur ke sana ? silahkan anda baca kupasannya di bawah ini.

Tempat Wisata di Cibolang Pangalengan

Pemandian Air Panas Alami Cibolang Pangalengan

Sahabat traveler’s, selain daya tarik wisata cibolang yang menawarkan suasana alam khas pegunungan dengan pemandangan alam yang indah, berudara segar, bersih dan sangat sejuk, pastinya tempat ini sangat ideal bagi anda wisatawan asal perkotaan yang ingin rileksasi tubuh dari segala beban.

Namun, selain itu juga, ternyata tempat wisata di Cibolang juga menawarkan objek wisata unggulan terfavorit dari daerah ini, yaitu Cibolang Hotspring Water. Lokasi pemandian air panas cibolang pangalengan ini hampir selalu dipadati wisatawan ketika akhir pekan apalagi musim liburan.

Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Cibolang Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, Pemandian Air Panas Alami Cibolang lokasinya berada di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah Satu Pemandian air panas alami di bandung selatan selain Cimanggu dan Ciwalini ini telah ada sejak tahun 1985,

Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan memiliki banyak sekali pusat pemandian air panas yang tersebar di beberapa wilayah yang dekat dengan pegunungan berapi. Sebut saja misalnya yang dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu yaitu Pemandian Air Panas Ciater atau Maribaya Natural Hotspring water and Resort.

Seiring dengan perkembangan Pariwisata Bandung yang terus berkembang pesat, dimana banyak wisatawan baik warga bandung dan sekitarnya serta sejumlah wisatawan dari luar kota seperti jakarta yang datang ke sana, maka pada tahun 1987 lokasi wisata ini pun dibenahi oleh pemkab setempat.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membangun kolam renang yang lebih refresentatif dengan beragam ukuran kolam, seperti kolam untuk anak-anak dan juga kolam untuk dewasa. Dan kembali pada tahun 1990, objek wisata Kolam Renang di Bandung ini pun ditambah dengan fasilitas lain yang akan semakin memanjakan wisatawan.

Fasilitas Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Cibolang Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, perlu diketahui bahwa pemandian air panas alami di Cibolang ini terkenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Hal itu dikarenakan sumber air panas yang dialirkan ke kolam panas Cibolang adalah bersumber dari Gunung Windu.

Nah, karena pengunjung yang datang ke sini itu terdiri dari banyak golongan usia, maka kolam pemandian air panas alami di Cibolang Pangalengan ini pun disediakan dengan beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda.

Bisa anda bayangkan dari saat ini, bagaimana asyiknya anda bersama anggota keluarga, teman atau bahkan dengan pasangan, sambil anda berenang atau berendam di kolam air panas, anda pun bisa sambil menikmati alam sekitar yang hijau, asri yang berudara sangat sejuk sekali.

1.Kolam Suhu 40 derajat Celcius.

Nah sahabat traveler’s, kolam pamandian air panas yang pertama ini disediakan untuk pengunjung dewasa atau juga untuk terapi. Kedalaman kolam pertama yang dekat dengan pintu masuk ini mencapai sekitar leher orang dewasa, dengan suhu kolam mencapai 40 derajat.

2. Kolam Suhu 35 derajat celcius

Nah sahabat traveler’s, jenis kolam pemandian air panas yang satu ini kedalamannya hanya sekitar 80 cm, sehingga dewasa dan remaja pun bisa masuk ke sini. Suhu kolam air panas di sini adalah mencapai 35 derajat celcius.

3.Kolam Air Hangat Bak Rendam

Nah sahabat traveler’s, untuk jenis kolam pemandian air pans di cibolang pangalengan yang satu ini sngat pas dan ideal sebagai tempat anda bersantai dengan berendam, dan pastinya sangat cocok sekali buat kolam berendam anak.

Namun untuk maasuk ke lokasi kolam renang dangkal ini, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk atau tarif retribusi terlebih dahulu sebesar Rp.10.000 untuk waktu selama 20 menit, sekaligus anda pun akan mendapatkan satu ban rendam.

Nah sahabat traveler’s, bagiamana informasi seputar kolam air panas Cibolang pangalengan ini sudah cukup belum ? Untuk mengetahui secara jelas, pastinya silahkan anda datang saja langsung ke sana ketika libur akhir pekan atau musin liburan.

Datang secara beramai-ramai tentu akan semakin menjadikan liburan anda semakin seru di sana. Anda di sana bisa berendam air panas, dengan mata bisa bebas menikmati pemandangan hijaunya pepohonan serta dengan hidung kita bisa menghirup udara yang sangat bersih dan menyegarkan.

Alamat Cibolang Pangalengan

  • Desa Wayang Windu, kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Nomer Telepon Cibolang Pangalengan

Untuk informasi harga tiket, reservasi atau informasi penting lainnya,saat tulisan ini dibuat belum bisa menghubungi via nomer telepon.

Jam Buka Cibolang Pangalengan

  • Buka setiap hari, senin hingga minggu, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Cibolang Pangalengan

Tarif masuk dan tarif parkir kendaraan di wana wisata cibolang di pangalengan adalah sebagai berikut :

  • Tiket Masuk Perorangan : Rp.10.000
  • Tiket Masuk Bak Rendam : Rp.10.000
  • Tiket Parkir Motor : Rp.2.000
  • Tiket Parkir Mini Bus : Rp.5.000
  • Tiket Parkir Bus/truk : Rp.20.000

Peta Lokasi Cibolang Pangalengan

  • Untuk peta lokasi silahkan buka di sini

Rute Jalan Menuju Ke Cibolang Pangalengan

Rekomendasi penulis, jika anda mau berkunjung ke lokasi wisata Cibolang di pangalengan ini, silahkan mempergunakan kendaraan pribadi, dan berikut adalah cara mengaksesnya :

Dari arah kota bandung, silahkan anda melewati jalur jalan Kopo – Soreang. Sebelumnya anda akan melewati Kopo Square dan Miko Mall, lalu pas di bunderan pertigaan warung lobak, arah kendaraan anda ke kiri ( jika ke kanan ke arah Ciwidey ), dan selanjutnya Anda akan melewati Restarant Kampoeng Sawah, dan selanjutnya menemukan kembali pertigaan, dan ambil arah kiri kembali.

Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan kembali, dan arahkan kendaraan anda ke kanan, dan anda nantinya akan melewati juga objek wisata Kampung Batu Malakasari Banjaran. Dari sana lurus terus dan pas bertemu belokan lagi, anda ambil kanan kembali hingga anda masuk ke kota pangalengan.

Tepat di kota pangalengan, di sana ada bunderan dan silahkan anda perhatikan di sana ada papan petunjuk jalan menuju ke cibolang. Dari lokasi bunderan ini ke Cibolang pangalengan adalah sekitar 30 menit berkendaraan, sebelum akhirnya tiba di gapura perkebunan teh malabar.

Dari gapura perkebunan teh malabar, silahkan anda belok kiri lurus hingga menemukan papan yang bertuliskan Pemandian air penas Cibolang. Dan dari sana, lokasi pemandian hanya berjarak kurang dari 1 km saja, hingga anda menemukan gapura selamat datang di Cibolang.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar tempat wisata di pangalengan yang sangat terkenal dan bisa anda jadikan alternnatif destinasi wisata liburan anda.┬áIngat liburan ke bandung, jangan lewatkan kunjungi Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan.

Cibolang Pangalengan
  • Cibolang Pangalengan

Info Wisata

Nama : Pemandian Air Panas Cibolang
Alamat : Ds.Wayang Windu Pangalenagan, Kab.Bandung
Jam Buka : Senin-Minggu, 07.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk : Rp.10.000
Fasilitas : Kolam Renang, Kuliner dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending