Caringin Tilu – Sejarah,Mistis dan Eksotis Alam Cartil

Caringin Tilu – Tempat Wisata Di Bandung yang satu ini adalah sebuah kawasan di Bandung Timur,Cartil adalah sebutan lain untuk daerah yang menyimpan sejuta pesona dari potensi wisata yang terdapat di Bandung ini,dan Caringin Tilu adalah salah satu alternatif terbaik tujuan berwisata anda dan keluarga yang senang dengan suasana alam pegunungan yang khas yaitu eksotis ( Indah pemandanganya,Dingin udaranya dan romantis suasananya )

Caringin Tilu

Lazimnya Tempat wisata alam pegunungan yang ada di Bandung yang populer lebih dulu seperti Bukit Bintang Bandung atau Dusun Bambu Lembang misalnya, Cartil atau Caringin Tilu pun memiliki daya tarik serta pesona tersendiri akan keindahan wisata alamnya dengan terbentangnya pegunungan yang tampak menghampar dan terhubung antara yang satu dengan yang lainnya, serta berundak undak.Sehingga bagi para penyuka ketenangan di alam terbuka pegunungan,Caringin tilu bisa dijadikan tempat liburan anda bersama keluarga atau pasangan juga teman,untuk refreshing dan rileksasi dari berbagai persoalan hidup dan rutinitas kerja sehari-hari.

Keindahan kota Bandung memang adalah nilai jual wisata yang ditawartkan Caringin Tilu bagi siapa pun yang berkunjung ke tempat ini, Pelancong atau wisatawan bisa melihat dengan jelas seperti apa pemandangan Kota Bandung. Terlebih jika anda mengunjungi tempat ini pada saat malam hari, maka eksotisme berupa kerlap-kerlip gemerlapnya lampu di kejauhan yang menjadi sarana penerangan kota Bandung akan terlihat bak seperti zamrud yang bercahaya di tengah gelapnya cekungan Paris Van Java.

Menurut Blog Tempat Wisata Di Bandung,Caringin Tilu menjadi salah satu rekomendasi lokasi terbaik bagi anda guna menikmati wisata alam penggunungan di dataran tinggi Bandung yaitu pegunungan Manglayang. Dari lokasi ini pula, cakrawala dari ujung timur hingga ke barat wilayah Cekungan Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan yang begitu kokoh dan megahnya, terlihat sangat jelas.

Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang

Secara geografis lokasi wisata Cartil – Caringin Tilu berada di dataran tinggi pegunungan Manglayang,dan termasuk dalam kawasan Kabupaten Bandung timur.tepatnya berada di di Kampung Cisayur, desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur, dan hanya berjarak sekitar 5 km dari objek wisata di Bandung yang mendunia yakni Saung Angklung Udjo – Padasuka.

Caringin Tilu yang berlokasi di pegunungan Manglayang,selain dikenal sebagai objek wisata alamnya yang indah,namun sesuai dengan nama kampungnya yaitu Cisayur ( Sayuran -Bhs Indonesia )Cartil adalah salah satu penghasil sekaligus pemasok aneka sayur mayur untuk kota Bandung dan sekitarnya. Hamparan kebun sayur di sepanjang jalan yang berada di sekitar ketinggian pegunungan Manglayang ini,seolah menjadi bukti bahwa kawasan ini sangat subur dan cocok sebagai sentral sayuran Bandung.

Sejarah Asal Usul Cartil Caringin Tilu

Cartil Caringin Tilu sepertinya kini sudah menjadi idola baru pariwisata Bandung.Tak salah memang apabila masyarakat Bandung dan juga wisatawan luar daerah yang sengaja berkunjung ke lokasi wisata ini,adalah selain ingin mencari suasana yang benar-benar baru dan jauh dari hiruk pikuk kota yang padat dan macet,kemudian udara yang fresh,Tempat yang tenang serta akan memberikan kedamaian hati bagi yang menikmatinya.

Tapi tahukah anda sejarah Cartil Caringin tilu seperti apa ? kenapa tempat wisata alam di Bandung ini dinamakan Cartil atau Caringin tilu ? Baiklah,kita akan temukan jawabannya saat ini juga.

Caringin Tilu atau biasa dipanggil Cartil bagi warga masyarakat sekitar,apabila diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti “Beringin Tiga” atau lebih jelasnya berarti “Pohon Beringin berjumlah tiga”.Nama itu bukan tanpa alasan atau sebab,karena nama cartil sendiri memang ada karena adanya ketiga pohon beringin itu.

Konon,menurut cerita turun temurun dari warga sekitar,kenapa nama Cartil atau caringin tilu ini begitu fenomenal, adalah karena menurut cerita masyarakat tersebut,caringin atau pohon beringin yang berjumlah 3 tersebut yang menanamnya adalah presdien pertama RI yaitu Ir.Soekarno di waktu zaman kemerdekaan dahulu.Sehingga tempat itu dirasakan spesial meski sedikit ada rasa atau bau mistis bagi warga sekitar.

Cerita mistisnya seperti apa ? silahkan anda sendiri berkunjung langsung ke sana dan bisa menanyakan kepada warga sekitar Caringin tilu.

Faliltas Di Caringin Tilu

Caringin Tilu memang sudah dari zaman dulu menjadi sebuah lokasi tempat wisata di daerah bandung timur,meskipun baru dikenal dan sebatas warga sekitar yang bermain atau bercengkrama menikmati alam sekitar dengan ke tempat itu.Namun secara pelan dan pasti karena tuntunan zaman serta ketersediaan tempat wisata alam yang semakin sempit karena perkembangan kota bandung,maka telah membuka mata siapa pun,ternyata keberadaan Caringin tilu menyimpan sejuta pesoana serta eksotisme sebagai salah satu wisata alam primadona Bandung.

Bahkan salah satu legenda musisi asli sunda asal Bandung, yaitu Darso, pernah mangabadikan akan keindahan serta eksotis dan romantisnya Caringin Tilu dalam balutan nada serta alunan musik sunda yang sangat indah sekali itu dengan judul sama dengan nama lokasi wisata ini yaitu Caringin Tilu,dan anda bila penasaran bisa mendengar dan melihatnya di Youtube di sini.

Kini,Cartil bukanlah caringin tilu yang dulu,meskipun menyimpan misteri,namun sekarang menjadi lokasi wisata favorit para wisatawan,terutama kawula muda dan yang lainnya.Cartil yang beberapa puluh tahun yang lalu sepi dan,kini dengan semakin ramai pengunjung yang datang ke sana serta mulai berdirinya banyak warung-warung,telah menjadikan kawasan itu menjadi hidup dan bersinar,seperti melihat indahnya pemandangan malam kota Bandung dari tempat ini.

Peta Caringin Tilu Bandung.

  • Untuk melihat Peta Caringin Tilu, silahkan Klik di sini

Demikianlah informasi salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang menjadi primadona baru bandung timur,yang terkenal dengan sebutan Cartil atau Caringin Tilu.

 

Loading...

Leave a Reply