Bukit Tunggul Cibodas – Info Sejarah,Tiket Masuk,Alamat & Peta Jalan

Loading...

Bukit Tunggul – Mencari Tempat Wisata di Bandung yang baru untuk menghabiskan waktu liburan anda ? Bagi anda pecinta alam, inilah dia tempat wisata alam di bandung utara yang populer dengan Bukit Tunggul.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang Dian, penulis blog informasi Tempat-tempat wisata di kota bandung dan sekitarnya, yang pada kesempatan kali ini akan berikan anda informasi lokasi objek wisata yang eksotis Bukit Tunggul Bandung.

Dengan informasi ini semoga saja akan menambah daftar referensi Objek Wisata Alam Bandung yang bisa anda kunjungi dan nikmati ketika liburan ke wilayah yang merupakan bagian Bumi Parahyangan yang berjuluk Paris Van Java Bandung.

Nah seperti apakah daya tarik wisata alam Bukit Tunggul ? apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? berapa harga tiket, di mana alamat dan bagaimana rute jalan menuju ke Bukit Tunggul, yuk kita simak saja di bawah ini.

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul Bandung

Sahabat traveler’s, bicara seputar Tempat Wisata Alam di Bandung, tidak melulu bicara soal Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang terkenal seperti Curug Malela, atau wisata alam danau seperti Situ Lembang, Perkebunan Teh Bandung, atau wisata Gunung Tangkuban Perahu saja.

Ada banyak tempat-tempat wisata alam lainnya yang tidak kalah asyik dan menarik lainnya, yang menawarkan daya tarik wisata karena pesona keindahan alamnya, yang terkadang belum dikenal orang seperti salah satunya wisata alam Bukit Tunggul ini.

Sahabat traveler’s, Bukit Tunggul atau saat ini lebih populer dikenal dengan sebutan wana wisata kebun Kina Bukit Tunggul merupakan salah satu kawasan wisata alam yang belum banyak dikenal oleh wisatawan.

Bukit Tunggul di Bandung Jawa Barat ini adalah merupakan sebuah bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 2.2009 meter di atas permukaan air laut, dan merupakan bukti sejarah dari hasil letusan besar gunung sunda di zaman prasejarah dulu.

Kawasan Bukit Tunggul ternyata merupakan tempat atau puncak tertinggi gugusan pegunungan di Lembang dan Bandung Utara, selain puncak lainnya yang ada di Gunung Tangkuban Perahu (2084), Burangrang (2064), Sunda (1859), Gunung Putri (1587), Manglayang (1818) dan yang lainnya.

Saat ini Bukit di Lembang ini dikelola secara resmi di bawah otoritas PT Perkebunan Nusantara VII atau yang populer dikenal dengan PTPN VII, dan letaknya sangat dekat dengan pabrik pengolahan kina, sehingga sebagian kawasannya pun ditanami banyak pohon kina.

Misteri Gunung Bukit Tunggul

Sahabat traveler’s, keberadaan tempat wisata perbukitan di bandung ini, hampir sama dengan tempat-tempat wisata di bandung lainnya, ternyata mempunyai seputar kisah misteri, mitos atau legenda yang cukup menarik untuk diketahui.

Nah, menurut legenda di tatar bumi parahyangan, Bukit Tunggul ini ternyata memiliki cerita yang sangat berkaitan dengan cerita rakyat masyarakat jawa barat, yaitu Legenda Sangkuriang.

Konon cerita terbentuknya Bukit Tunggul ini adalah diawali ketika Sangkuriang diberikan persyaratan oleh sang ibu yang mau diperistrinya dengan membuat sebuah perahu dengan danaunya dengan waktu hanya satu malam saja.

Nah, untuk membuat perahu tersebut sangkuriang menebang pohon terbesar yang ada di lokasi tempat ini untuk dijadikan bahan membuat perahu, dan sisa dari penebangan pohon inilah yang kemudian menjadi sebuah bukit yang kini dikenal dengan Bukit Tunggul.

Daya Tarik Wisata Bukit Tunggul

Sahabat traveler’s, seperti yang sudah saya singgung di atas sedikit, salah satu daya tarik wisata Bukit Tunggul ini adalah anda akan mengenal salah satu Bukti sejarah letusan Gunung Purba di zaman prasejarah dulu.

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali tempat wisata di bandung yang erat sekali hubungannya dengan sejarah hadirnya wilayah bandung dari masa lalu, seperti Sang Hyang Tikoro, Gunung Batu Lembang, Stone Garden Padalarang, Gua Pawon dan yang lainnya.

Daya tarik wisata lainnya dari Kawasan wisata Bukit Tunggul yang merupakan puncak tertinggi pegunungan di lembang dan bandung utara ini adalah pesona keindahan alamnya yang masih alami, hijau dan tentunya memiliki  suhu kawasan yang sejuk dengan udara khas pegunungan yang bersih.

Jika anda berkunjung ke sini, menikmati pesona alam di bukit ini tidak akan kalah eksotis dengan tempat-tempat wisata alam di bandung yang sudah sangat populer seperti Tebing Keraton, Bukit Bintang, Bukit Moko, Gunung Puntang atau Bukit Teletubies.

Yang tidak kalah menariknya sahabat traveler’s, di kawasan ini pun terdapat objek wisata air berupa danau yang populer dengan nama Situ Sangkuriang Bukit Tunggul, yang konon legenda merupakan tempat cuci tangan dan kayu oleh sangkuriang.

Kawasan Situ Sangkuriang ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, tidak kalah dengan keindahan di Situ Cileunca, Situ Patenggang dan yang lainnya, bahkan bagi anda yang suka memancing  tempat ini adalah alternatif dari arean pemancingan Bonita di Saung Wargi Lembang dan juga Kampung Sawarga.

Yang menjadi daya tarik lainnya adalah di kawasan Bukit Tunggul pun anda bisa melihat dan menikmati banyak tanaman bunga yang sangat menarik. Meskipun tidak banyak jenisnya seperti di Taman Begonia atau Taman Bunga Cihideung, membat tempat ini sangat istimewa.

Sahabat traveler’s, yang cukup unik dari Bukit ini adalah keasrian tempat ini memang sangat memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Selain daya tarik di atas, di sini juga ada air terjunnya, meski tidak sebesar Tempat Wisata Air Terjun di Bandung seperti Curug Cimahi, Curug Bugbrug, Curug Tilu, Curug Cinulang atau Curug Malela dll.

Inilah menurut kang dian merupakan salah satu Tempat Wisata di Bandung yang instagramable layaknya sebuah dunia di film Alice Wonderland, sehingga sangat wajib anda kunjungi bagi anda penyuka kegiatan foto-foto, terlebih adanya penangkaran rusa totol seperti di Ranca Upas Ciwidey di sini.

Bagaimana sahabat tarveler’s ? sangat menarik bukan ? masih banyak daya tarik wisata yang bisa anda temukan jika menjadi Bukit Tunggul ini menjadi destinasi wisata anda bersama keluarga, teman atau berdua pasangan.

Fasilitas Wisata Bukit Tunggul

Sahabat traveler’s, untuk berikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya, Bukit Tunggul juga telah menyadiakan banyak fasilitas yang bisa anda gunakan ketika berwisata ke sana seperti diantaranya :

1.Tempat Penginapan

Sahabat traveler’s, Bukit Tunggul bisa dikatakan sebagai salah satu lokasi Tempat Penginapan di Bandung juga, karena di sini disediakan fasilitas berupa camping ground dan sebuah penginapan yang bisa anda gunakan untuk tinggal di sana.

Lokasi camping ground nya sangat nyaman, tidak kalah dengan Tempat Camping di Bandung lainnya seperti di Ciwangun Indah Camp, Pine Forest Camp atau di Glamping Lakeside Rancabali, Trizara Resort, Legok Kondang Lodge dan yang lainnya.

Selain Camping ground, di sini juga terdapat sebuah penginapan berupa cottage yang bisa anda sewa, dimana bangunan rumah ini bisa dikatakan warisan Rumah bersejarah yang dibangun pada tahun 1927 yang dulunya pernah ditempati seorang warga belanda, Jan Willem Ruysseners.

2.Wahana Permainan

Sahabat traveler’s, fasilitas menarik lainnya yang ada di sini adalah terdapatnya wahana bermain yang bisa dinikmati pengunjung seperti Flying Fox, Spider Web, High Rope dan masih banyak yang lainnya dengan cukup membayar biaya mulai Rp.15.000 saja. Dan di sini anda pas jika mau bermain Archery War Battle Game.

3.Tempat Outbound

Nah, bagi anda yang mau berwisata secara rombongan ke bandung seperti dengan teman kantor, sekolah atau perusahaan dan ibu-ibu arisan, maka Bukit Tunggul adalah lokasi tempat gathering, Outing dan outbound yang sangat rekomended anda kunjungi juga.

Di sini selain kawasannya yang sangat luas, pamandangan alamnya yang indah, udaranya yang sangat sejuk, akan membuat kegiatan bersama anda sangat menarik di sini, tak kalah dengan tempat outbound seperti di, Grafika Cikole, Sari Ater Resort, Lembang Jungle Adventure, D’CAMP Cibodas alam madani dll.

Nah sahabat selain fasilitas di atas, di sini juga telah disediakan tempat makan dan minum, peristirahtan berupa saung-saung, tempat beribadah mushola, serta yang asyik Bukit Tunggul juga merupakan salah satu lokasi Tempat Karaoke di Bandung, asyik bukan ?

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Tunggul

Bagi anda yang tertarik untuk datang ke salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Murah ini, maka anda cukup mneyediakan isi dompet untuk membayar tiket masuknya yang hanya Rp.5.000/orang saja

Alamat Bukit Tunggul

Desa Cibodas, kecamatan Lembang, Jawa barat

Nomer Telepon Bukit Tunggul

Bagi anda yang memerlukan informasi seputar harga tiket masuk, kegiatan atau acara, reservasi tempat penginapan dan info lainnya, saat ini penulis belum mendapatkannya.

Jam Buka Bukit Tunggul

Waktu operasional tempat wisata di sekitar Cibodas lembang ini adalah setisap hari senin hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB

Peta Lokasi Bukit Tunggul

Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju Bukit Tunggul

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik datang ke sini, maka berikut adalah cara mengakses atau rute jalan menuju bukit tunggul yang bisa anda ikuti.

Anda yang dari arah kota bandung, bisa mengambil rute jalan menuju Ledeng dan Lembang terlebih dahulu. Kemudian anda akan melewati terlebih dahulu tempat Tempat Wisata di Lembang yang Terkenal seperti De’ Ranch, kampung Gajah Wonderland dan juga Floating Market dll.

Anda juga bisa mengambil rute melewati jalur sejumlah Tempat Wisata di Maribaya, seperti The Lodge Maribaya, Maribaya Natural Hot Spring Resort, cafe dan Restio Burgundy Dine & resort melalui pintu masuk Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda atau dago Pakar.

Dari sana, silahkan anda tinggal arahkan kendaraan anda ke arah menuju Cibodas, selanjutnya masuk ke kawasan PTPN VIII hingga and apun tiba di lokasi wisata ini.

Alternatif jalan menuju Bukit Tunggul selanjutnya adalah melalui jalur jalan Ujung Berung. Anda bisa mengikuti rute menuju Pasir Wangi, kemudian melewati desa cilengkrang, terus masuk hingga lokasi.

Nah sahabat demikianlah informasi seputar tempat wisata alam khas Bukit Tunggul Bandung, yang bisa anda jadikan tempat untuk mengisi waktu liburan anda bersama orang-orang terbaik anda.

Apakah anda tertarik mengunjungi tempat ini atau tempat-tempat wisata di bandung yang indah  lainya ? jika iya, berikut ini saya punya sedikit Tips Wisata ke Bandung yang mungkin saja bermanfaat bagi anda.

Jika anda wisatawan baru yang tertarik berkunjung ke sini dengan cara yang Mudah, Murah dan menyenangkan, saya rekomendasikan anda untuk segera menghubungi jasa perjalanan wisata seperti Tour Travel Bandung.

Anda bisa menggunakan beragam program manrik Paket Wisata Bandung dari mereka yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebbutuhan liburan anda, seperti anda bisa memeilih Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, atau juga Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 malam.

Demikianlah saja, review kang dian seputar salah satu Objek Wisata di Bandung, yang sangat populer dengan sebutan Bukit Tunggul.

Bukit Tunggul
Bukit Tunggul Bandung

Place Name: Bukit Tunggul

Place Description: Tempat Wisata Alam Di Bandung

More...

  • Bukit Tunggul
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Bukit Tunggul
Alamat : Desa Cibodas, Lembang
Nomer Telepon :
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Fasilitas : Outbound,Cottage dll

4.3
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...