Batik Bandung – Daftar Nama Dan Alamat Toko,Motif & Harga Batik

Loading...

Batik Bandung – Apakah anda bingung mencari tempat wisata belanja khas kota Kembang yang Unik saat liburan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung ? Jika iya, yuk berwisata belanja ke Kampung Batik Bandung saja.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informas seputar Pariwisata Bandung yang terbaru dan terkenal, yang kali ini akan me-review Batik Bandung, dengan motif batik khasnya.

Nah, seperti apa sih daya tarik Baju Motif Batik Khas Bandung itu ? dimana saja sih Toko Batik di Bandung yang terkenal ? serta berapa sih harganya ?

Untuk menjawab itu, yuk langsung saja kang dian akan berikan paparan selngkap di bawah ini, khusus bagi anda penikmat informasi Wisata Bandung di blog tempatwisatadibandung.info.

Batik Bandung

Batik Bandung

Motif Batik Khas Kota Bandung

Sahabat traveler’s, jika berbicara seputar Motif Batik Khas Jawa Barat yang paling terkenal di seantero nusantara, sudah pasti Batik asal Cirebon adalah jawaranya, terutama dengan Batik Trusmi nya.

Namun demikian jangan salah sahabat traveler’s sekalian, Bandung pun kini telah menjelma sebagai salah satu produsen batik di tanah air yang siap bersaing dengan daerah penghasil batik lainnya di indonesia.

Sahabat traveler’s, tepat pada bulan januari 2016, walikota Bandung secara resmi telah menetapkan secara resmi kawasan daerah Cigadung sebagai sebuah sentra Kampung Batik Bandung.

Pada saat itu, kegiatan tersebut ditandai dengan peresmian kegiatan membatik di salah satu Pesantren di Bandung Al Ikhwan, jalan Cigadung Raya Timur, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Nah sahabat traveler’s, tahukah anda bahwa sejak dibuka dan diresmikan langsung oleh kang emil tahun lalu, kini kawasan Kampung batik Bandung di daerah Cigadung ini selalu pasti menjadi pusat buruan wisatwan baik dalam dan luar negeri.

Mereka yang datang pada umumnya adalah mereka yang ingin berwisata belanja, kemudian juga mau tahu dan belajar cara membatik atau sekedar melihat-lihat Batik Bandung yang tampak berbeda dan lebih gaya kekinian.

Nah sahabat traveler’s, apakah anda menjadi penasaran, seperti apa sih daya tarik model baju batik buatan Bandung ini sehingga anda wajib datang ke Cigadung dan beli beberapa baju dengan Model Batik Bandung yang Khas ini ?

Daya Tarik Baju Batik Motif Khas Bandung

Batik Bandung

Wisatawan Mancanegara antusias mendengar penjelasan tentang batik

Sahabat traveler’s, berbicara Batik yang merupakan warisan yang sangat bernilai tinggi ini memang sangat menarik dan kita sebagai anak negeri yang hidup di zaman sekarang harus bangga punya warisan yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan.

Di zaman modern sekarang, dimana negara kita telah menjadi buruan pasar berbagai model fashion dari barat, ternyata kehadiran batik tetap eksis tidak tergantikan, bahkan mampu bertahan sekaligus sukses ekspansi ekspor ke luar negeri.

Produk Batik Indonesia bahkan sekarang telah menjelma menjadi industri, dimana hal tersebut bisa dilihat sering ditampilkannya di berbagai ajang acara fashion show dan yang sangat membanggankan sering dipakai secara umum oleh bangsa lain, seperti almarhum mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela.

Nah lalu, apa sih daya tarik dari Batik Bandung ini sendiri, terutama yang ada di Toko Batik Bandung di sekitar kawasan Kampung Batik Cigadung ini ?

Hal menarik dan unik dari Model Batik Khas Bandung dari Kampung Batik di Cigadung adalah proses pengerjaannya yang melibatkan para santri dari pesantren Al Ikhwan.

Kegiatan membatik di salah satu pondok pesantren di Bandung ini ternyata sudah berjalan sejak tahun 2004 yang lalu.

Dan yang luar biasanya adalah saat ini tenaga terampil pembatik yang terdiri dari para santri yang sudah biasa membuat batik bandung ini jumlahnya sudah mencapai ratusan orang.

Hal ke dua yang menjadi daya tarik dari Batik Bandung adalah seperti apa yang telah dibuat dan dikerjakan oleh seorang yang bernama Haji Komarudin Kudiya.

Di tangan terampilnya, gambar ikon kota Bandung selain Skywalk Cihampelas yaitu Jembatan Pasupati, kemudian gambar dari alat pukul dari bambu khas Saung Angklung Udjo yakni angklung, dan bunga patrakomala (Caesalpinia pulcherrima) bisa diubah menjadi motif batik khas Bandung.

Motif-motif batik ini kemudian diproduksinya oleh santri-santri pesantren Al Ikhwan tersebut untuk kemudian dipajang hasil karyanya di Rumah Batik Komar.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan ? mungkin juga ya nanti ke depan, indahnya sejumlah Tempat Wisata Alam di Bandung seperti Gunung Tangkuban Perahu atau Kampung Gajah akan jadi model baju batik khas kota Bandung bukan ?

Nah lalu, Daftar Nama Toko Baju Batik di Bandung apa saja sih yang terkenal, khususnya yang ada di Kampung Batik Cigadung ini ?

Toko Batik Bandung di Kampung Batik Cigadung

Sahabat traveler’s, di jalan Cigadung Raya Timur yang notabene adalah merupakan daerah di mana sang walikota Bandung Kang Emil tinggal, terdapat beberapa nama Toko Batik di Bandung yang sangat terkenal.

Dan selanjutnya, silahkan anda bisa baca, karena kang dian akan sebutkan satu-satu daftar nama toko Baju Batik model khas Bandung ini satu-satu untuk anda.

Batik Komar

Sahabat traveler’s, Batik Komar bisa dikatakan sebagai sentra produsen dan sekaligus penjual Batik Berkualitas ternama yang ada di kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1998.

Batik Bandung produksi Rumah Batik Komar ini terkenal sangat bagus kualitasnya, sehingga para pembeli dan pemakainya adalah banyak dari kalangan para pejabat dan artis indonesia.

Pada awal berdirinya Batik Komar Bandung, sebenarnya mereka baru mendesign dan sekaligus membuat Batik Khas Cirebon ” Batik Cirebonan “.

Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, Batik Komar pun berinovasi dengan mengembangan model baju batik lebih modern dan kekinian yang sifatnya konteporer, unik, tematis serta tentunya menyesuaikan dengan perkembangan mode zaman terbaru.

Harga Batik Komar Bandung

Nah bagi sahabat yang datang dan tertarik untuk memiliki Batik Bandung khas Batik Komar ini, Harga baju batik yang ditawarkan di sini mulai dari Rp 75.000 – Rp 10.750.000.

Harga Batik Bandung di tempat ini terlihat ada yang Murah dari puluhan ribu dan sangat mahal hingga puluhan juta, itu bergantung pada bahan, ukuran, dan cara pembuatan batiknya.

Jam Buka Batik Komar Bandung

Nah, jika mau berkunjung ke Rumah Batik Komar , maka toko batik di Bandung ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Asyiknya nih sahabat, Selain berbelanja aneka model batik khas Batik Komar Bandung ini, anda pun juga dapat membeli ragam aksesoris hingga belajar membatik dengan ikut Paket Wisata Batik Komar.

Lokasi Toko Baju Batik Komar di Bandung

Sahabat traveler’s, Lokasi showroom Batik Komar di Bandung, selain di Jalan Raya Cigadung Timur 1 No 5, juga membuka cabang di Jalan Sumbawa No 22.

Nomer Telepon Rumah Batik Komar

Untuk informasi harga dan model baju batik terbaru dan informasi penting lainnya yang anda butuhkan, silahkan anda bisa menghubungi Batik Komar di jalan Cigadung 022-2514788 dan di jalan sumbawa 022-4210720.

Batik Hasan Bandung

Sahabat traveler’s, Toko Baju Batik yang menawarkan model Batik Bandung yang khas selanjutnya adalah Toko Hasan Batik.

Toko Batik yang telah hadir di kota bandung sejak tahun 1975 ini didirikan oleh almarhum Hasanudin, dan kini diteruskan oleh putra putrinya di bawah naungan CV Hasan Indonesia.

Jenis Batik Bandung yang tersedia di toko batik di bandung yang masa jayanya di tahun 1997 ini adalah model batik tulisan, batik cap serta jenis batik kombinasi yang cantik dan menarik.

Proses pengerjaan batik di sini masih dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan Canting untuk membentuk motif batik yang diinginkan.

Adapun untuk pembuatan batik cap di Hasan Batik, bahan yang digunakan adalah tembaga, sementara untuk batik kombinasi merupakan gabungan antara batik cap dan canting.

Keunikan atau daya tarik tersendiri yang membedakan batik hasan dengan batik lainnya adalah Hasan Batik mempunyai ragam hias batik yang mereke ciptakan sendiri, serta menerima model baju batik pesanan konsumen.

Seperti halnya Batik Tambal atau istilahnya “Patch-Work-Batik” dimana menggunakan efek 3 Dimensi ( Baca Juga : Museum lukisan 3 Dimensi di Amazing Art World Bandung ) dengan menggunakan teknik proses Cap, Canting, Colet dan Celup.

Sahabat traveler’s, selain menyediakan motif Khas Batik Bandung, Batik Hasan juga banyak mengekploitasi ragam hias batik tradisional indonesia serta ragam hias geometris atau gabungan keduanya.

Harga Batik Hasan Bandung

Sahabat traveler’s, bagi sahabat yang datang ke sini dan tertarik mengoleksi baju Batik Bandung khas Hasan Batik ini, anda bisa mendapatkan dengan Harga Batik mulai Rp.150.000.

Di sini juga tersedia aneka ragam keperluan interior seperti tirai, aneka seprei, sarung bantal, aneka tatakan serta tutup gelas.

Jam Buka Batik Hasan Bandung

Sahabat traveler’s, Studio Hasan Batik ini buka setiap hari, Senin Hingga Minggu, mulai Pukul 08.00 – 16.00 WIB, dengan waktu istirahat pukul 12.00 – 13.00 WIB.

Alamat Batik Hasan Bandung

Sahabat traveler’s, sama dengan Batik Komar, bagi anda yang tertarik, silahkan anda bisa mengunjungi lokasinya di jalan Raya Cigadung Timur, Cibeuying Kaler, Kota Bandung , Jawa Barat 40191.

Nah sahabat traveler’s, itulah 2 Toko Baju Batik Bandung yang wajib anda datangi ketika datang ke pusat Kampung Batik di Cigadung, Kota Bandung.

Lalu, jika anda tertarik untuk datang ke sana, bagaimana cara mengakses lokasi cigadung tersebut ? nah di bawah ini silahkan anda bisa ikuti petunjuknya.

Alamat Kampung Batik Cigadung Bandung

Jalan Cigadung Raya Timur, Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia

Peta Lokasi Kampung Batik Bandung

Silahkan lihat di sini.

Rute Jalan Menuju ke Kampung Batik Cigadung Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda wisatawan asal kota Jakarta dan manapun, silahkan ambil jalan keluar Tol Pasteur.

Kemudian arahkan kendaraan anda lurus menuju ke arah barat naik jembatan layang Pasupati, kemudian jalan Gasibu ( Gedung Sate )/ jalan Suci, terus Pusdai, lanjut ke Jalan Pahlawan.

Dari jalan pahlawan, teruskan kendaraan anda ke atas menuju ke jalan Cigadung Raya.

Nah, Rute Jalan menuju Kampung Batik Bandung di Cagadung lainnya adalah, jika anda habis jalan-jalan rekreasi mengunjungi Tempat Wisata di Lembang, Wisata Maribaya atau Ciater, anda bisa lewat jalan Ir.H Djuanda/Dago lewat Tubagus Ismail – Cigadung.

Alternatif lainnya, Jika anda sehabis jalan-jalan dari sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey atau Wisata Pangelengan di Bandung Selatan, anda bisa langsung menuju arah Gasibu dan selanjutnya ikuti petunjuk di atas.

Toko Batik Selain di Kampung Batik Cigadung Bandung

Sahabat traveler’s, selain kawasan Kampung Batik Bandung di Cigadung, di Bandung juga terdapat banyak toko batik yang tersebar di beberapa tempat yang mudah anda kunjungi.

Seperti Toko Batik Di Jalan Tamblong kota Bandung, di sana anda bisa menemukan tiga toko berderet yaitu ada toko batik center PD Manonjaya, kemudian Toko Batik Kristin, dan Batik Solo.

Selanjutnya, selain di Jalan Tamblong, toko batik juga ada di kawasan lainnya di pusat keramain seperti pusat Perbelanjaan Mall di Bandung.

Contohnya adalah Toko batik yang khusus menjual model batik keris yang bisa anda temukan do di Paris Van Java Mall (Ground Floor, GB-09), dan juga dekat Trans Studio Bandung yaitu di Trans Studio Mall (Lt.1 Unit A170, A172, A176, A178) Jalan Gatot Subroto 289.

Selanjutnya ada juga Toko Baju Batik Danar Hadi yang beralamat di Jalan LLRE Martadinata No. 60, kemudian ada Batik juga dijual di Jabar Craft Center (JCC) Dekranasda Jawa Barat beralamat di Jalan Ir H Djuanda No.19.

Butik Batik Bandung lain yang menjual batik di Bandung yang bisa anda singgahi adalah di Woderful yang beralamat di Jalan Cigadung Selatan I No. 2.

Nah sahabat traveler’s, sangat banyak bukan toko-toko/showroom yang menjual Batik dengan model Batik Khas Bandung selain yang ada di jalan Cigadung Raya Bandung itu ?

Apakah anda tertarik mengunjungi salah satu tempat yang menjual model atau motif batik khas bandung di atas ? atau anda memang sedang merencanakan liburan ke Bandung ?

Jika iya, saya ada sedikit Tips wisata ke Bandung yang Murah, Irit dan Mudah untuk anda.

Tips Wisatanya yang bagaimana ? yaitu, mulai sekarang pilihkan perjalanan wisata yang menyenangkan ke Bandung dengan mengikuti program Paket Wisata Bandung dari sejumlah Travel Agen.

Tour Travel di Bandung saat ini sedang gencar-gencarnya menawarkan Promo Harga Paket Tour ke Bandung yang Murah meriah namun sangat berkualitas pelayanannya.

Jika anda bermaksud berwisata bersama keluarga, teman atau bahkan berdua dengan dengan pasangan tercinta, anda bisa memilih paket wisata terpopuler seperti Paket Wisata Bandung 2 hari 1 Malam atau Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Nah sahabat traveler’s, itulah tips wisatanya !! yang dengannya, kata siapa sih liburan ke Bandung itu harus pakai mahal dan ribet ? jika ternyata ada solusinya seperti di atas bukan ?

So, kemanapun anda berwisatanya, jangan lupa, sempatkan mulai sekarang sebelum pulang atau kembali ke kota masing-masing sehabis jalan-jalan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal, untuk membeli dulu untuk oleh-oleh, Batik Bandung.

Batik Bandung
Batik Bandung

Product Name: Batik Bandung

Product Description: Tempat Wisata Belanja Baju Batik di jalan Cigadung Raya Kota Bandung

Price: 75.000

Currency: Rp

Availability: InStock

More...

  • Batik Bandung
  • Rumah Batik Komar
  • Hasan Batik
  • Harga
  • Akses

Ringkasan

Nama : Batik Bandung
Lokasi : Jl.Cigadung Raya Bandung
No Tlp : 022-4210720
Jam Buka : Senin-Minggu
Harga : Mulai Rp.75.000
Nama Toko : Batik Komar,Hasan Batik dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...