Bandung Command Center – Awas Ada Star Trek di Bandung

Bandung Command Center

Bandung Command Center

Bandung Command Center – Kota Bandung,selain dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata utama nasional karena populer dengan beraneka ragamnya tempat wisata di bandung mulai dari wisata alam bandung, wisata kuliner bandung, wisata belanja bandung, budaya dan sejarah hingga wisata anak,namun juga Bandung adalah sebagai pusat pemerintahan provinsi jawa barat, yang mana keberadaan kota bandung benar-benar menjadi begitu sangat penting dan vital sehingga perlu adanya sebuah sistem terencana dan terpadu yang akan mengontrol segala aktifitas warga bandung dan juga pendatang selama 24 jam penuh untuk memastikan kenyaman, ketenangan serta ketertiban, sekaligus menjadikan bandung sebagai pelopor Smart City di indonesia, yaitu dengan diciptakannya Bandung Command Center.

Hai sahabat traveller’s,kali ini kang dian, penulis blog inspirasi info wisata ke bandung anda, akan membedah salah satu objek yang menarik dan tengah menjadi pusat perhatian bukan hanya bagi warga bandung, jawa barat dan indonesia, akan tetapi juga dunia.Anda sudah mendengar nama Bandung Command Center atau populer dengan BCC ini sebelumnya ? Nah, kalau yang sudah tahu, bagi anda mau membaca kelanjutannya silahkan, atau kang dian tawarkan saja untuk membaca artikel ini deh, pasti seru dan asyik ini 999 tempat wisata di bandung, dan bagi yang belum, silahkan dilanjut saja membacanya ya, jangan lupa karena ini musim hujan, sudahkah anda buat kopi atau cemilan tahu goreng atau malah beli mochilok ?

Bandung Command Center

Bandung Command Center

Bandung Command Center

Sahabat Traveller’s, sejak awal diluncurkannya pada Januari 2015 lalu, Bandung Command Center telah banyak mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai kalangan masyarakat.Bukan saja karena ide dan konsepnya yang yang sangat brilian dan wow, tapi juga karena anggaran dana untuk menghadirkan BCC ini cukup spektakuler yaitu menghabiskan dana anggaran hingga mencapai 30 Milyar rupiah.Angka boleh spektakuler dan super wah dan pastinya menghabiskan anggaran belanja pemkot bandung, akan tetapi coba kita lihat sejenak fungsi dari Command Center ini !! wow, sebuah ide cemerlang dan tidak bisa diukur dengan materi, bahwa dengan kehadiran “ruang kontrol terpadu dan super canggih” ini diharapkan bisa mewujudkan tata kelola pemkot bandung yang jauh lebih baik, serta meningkatkan kualitas pelayanan public.Keren kan sahabat ?

Nah, untuk itu kang dian lewat tulisan ini akan ajak anda sejenak untuk mengenal lebih dekat dan baik seperti apakah sih Bandung Command Center ? serta pertanyaan apa saja fungsi dari BCC ini ? ya sudah, ayo kita lanjut baca artikel sampai habis ke bawah.

Apa Itu Bandung Command Center ?

Bandung Command Center

Bandung Command Center

Sahabat blog Tempatwisatadibandung.Info, Bandung Command Center (BCC) adalah sebuah ide inovatif dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai salah satu upaya menjadikan kota Bandung sebagai kota terdepan dan cerdas dimana salah satu upayanya adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga Bandung akan menjadi Smart City di indonesia .Tak cukup itu saja, kehadiran proyek BCC ini bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih terencana dan terukur sehingga bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik yang baik lagi ke depannya.

Sahabat traveller’s wisata bandung,Command Center adalah sebuah sistem teknologi informasi terpadu yang dikembangkan untuk fungsi mengawasi kota Bandung dengan segala aktifitasnya di dalam sebuah ruangan khusus.Di dalam ruangan kontrol ini bekerja para ahli atau orang yang berkompeten di bidang teknologi informasi, dan tugas mereka adalah memonitor aktifitas di layar besar yang terpampang di ruangan berbentuk bundar ini seperti salah satunya adalah suasana jalan-jalan kota Bandung yang telah dipasangi CCTV seharga 3 juta lebih per unit yang bisa di-zoom hingga sebelas kali.

Yang cukup unik dari Bandung Command Center ini adalah dimana Ruangan kontrol tempat para ahli IT ini bekerja berbentuk lingkaran dengan banyak perangkat komputer yang tersebar di setiap bagian ruangan.Apabila anda datang ke sini suatu hari, anda pasti akan melihat bahwa ruangan ini mirip ruangan yang ada di film Star Trek.Dan hal itu bukanlah kebetulan semata, karena sang empunya ide Kang emil, dalam sebuah wawancara dengan station TV swasata Net.Tv menjelaskan bahwa ““Iya, memang ini terinspirasi dari film Star Trek,”

Fasilitas di Bandung Command Center

Bandung Command center

Bandung Command center

Nah sahabat, berbicara tentang fasilitas yang ada di Bandung Command Center ini terbilang sangat canggih.Dalam ruang kontrol utama terdapat berbagai jenis aplikasi yang bisa mengontrol kondisi dan situasi kota Bandung secara keseluruhan.Tak tangung-tanggung aplikasi penangkap data cuaca, peta wilayah, video feed, special vehicles location, video analisis dan masih banyak lagi tersimpan di ruangan ini.Salah satu fasilitas yang cukup vital mungkin adalah layar besar yang mampu menangkap sekaligus menjadi pusat dari pantauan 80 titik di Kota Bandung terpasang kamera CCTV dan 50 kendaraan yang terpasang GPS.

Nah, fungsi daripada CCTV tersebut adalah untuk merekam segala aktifitas di seluruh sudut kota Bandung yang sudah terpasang cctv tentunya, salah satu titinya adalah pusat hiburan di bandung.Tujuannya sudah jelas untuk memonitor apabila terjadi beberapa peristiwa yang membutuhkan penanganan seperti parkir liar, pedagang kaki lima di lokasi terlarang hingga tindakan atau sikap warga masyarakat yang dilarang seperti aksi geng motor serta aksi vandalisme yang sering merusak sarana dan fasilitas umum seperti Taman kota bandung dan yang lainnya seperti dengan coretan pilok.

Fungsi yang lainnya dari BCC ini yang tak kalah hebatnya adalah menyempurnakan pelayanan publik keluar, dan mempermudah pelayanan kedalam yakni manajemen seperti pengambilan keputusan cepat dan akurat. Untuk pelayanan publik, seluruh pelayanan publik di kota Bandung dapat diakses dengan mudah dengan teknologi yang canggih. Seperti mengurus KTP, mengecek perizinan, hingga memonitor kemacetan atau banjir bisa dilakukan pengawasan dan penyebaran informasi secara realtime. Command center ini, akan menjadi pusat data informasi dari seluruh instansi di lingkungan Pemkot Bandung.

Nah, pertanyaannya adalah, sekarang bagaimana cara masyarakat untuk bisa merasakan manfaat dari Bandung Command center tersebut ? Jangan khawatir, karena warga bandung atau siapa saja yang berkunjung ke bandung sepertui wisatawan yang sedang liburan di bandung pun bisa mengakses semua fitur dan fungsi BCC ini cukup dengan menggunakan komputer atau bahkan Handphone atau gadget yang terintegarsi ke internet.

Nah, demikianlah sahabat traveller’s, informasi seputar tempat meanrik di bandung yang wajib anda ketahui, sehingga dengan adanya BCC ini, kota bandung akan menjadi sebuah kota yang jauh lebih tertib lagi, teratur serta tentunya menjadi kota yang sangat nyaman dan aman bagi aktifitas wisata Bandung ke depan.Untuk alamat Bandung Command Center sendiri anda bisa mengeceknya langsung di google map atau juga dikendaraan anda bisa aktifkan GPS. [ Tempatwisatadibandung.Info # Bandung Comand Center ]

Loading...

Leave a Reply