Balitsa Lembang – Review Balai Penelitian Tanaman Sayuran

Loading...

Balitsa Lembang – Eksotisme Tempat Wisata Alam di Bandung memang sangat luar biasa indah dan beragam. Mulai dari Pesona wisata danau, air terjun, perkebunan, perbukitan, hutan hingga pegunungan mempunyai daya pikat masing-masing, satu diantaranya adalah Objek wisata alam Balitsa Lembang.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Tempat-Tempat wisata di kota bandung dan sekitarnya yang paling terkenal dan fenomenal, yang pastinya tidak akan bosan berikan anda info Wisata Bandung terbaru bagi anda.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya akan berikan anda informasi Review salah satu dari Daftar Tempat Wisata Di Lembang Paling Terkenal yang wajib anda kunjungi, yaitu Balitsa Lembang.

Nah untuk itu, seperti apakah daya tarik wisata alam di Balitsa di Lembang tersebut ? dimana alamat dan lokasi serta rute jalan menuju ke sana ? berapa harga tiket masuknya ? yuk kita simak di bawah ini.

Balitsa Lembang

Balitsa Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, sesuai dengan namanya Balitsa itu sendiri merupakan kependekan dari kata Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran yang ada di wilayah kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat.

Alamatnya sendiri Balitsa berada di jalan Tangkuban Perahu No 517, kecamatan Lembang, sebuah lokasi yang tepat berada di pusat wisata sekitar Gunung Tangkuban Perahu seperti Ciater, Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Treetop Adventure, Jayagiri dan Maribaya.

Balitsa Lembang saat ini merupakan sebuah kawasan yang populer sebagai salah satu tempat penelitian berbagai jenis tanaman sayuran serta pengembangan tanaman hortikultura terbesar di bandung bahkan di indonesia.

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran Lembang ini berada di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada di bawah Pusat Penelitian dan pengembangan Hortikultura Indonesia.

Tugasnya tiada lain adalah sebagai pusat penelitian dan pengembangan jenis-jenis tanaman sayuran unggulan dan tanaman lainnya, dan bertanggung jawab di dalam pengembangan pertanian di negara indonesia.

Dan berikut adalah fungsi atau tugas pokok dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran Balista Lembang :

  1. Penelitian genetika, pemuliaan, perbenihan dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman sayuran
  2. Penelitian morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopalogi tanaman sayuran
  3. Penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis tanaman sayuran
  4. Pelayanan teknik kegiatan penelitian tanaman sayuran

Daya Tarik Wisata Balitsa Lembang

Balitsa Lembang Bandung

Nah sahabat pecinta Wisata Bandung, berikut adalah daya tarik wisata yang menjadikan anda suatu hari nanti pas waktu liburan wajib menyambangi lokasi Balitsa di lembang ini.

1.Wisata Edukasi

Sahabat traveler’s, daya tarik utama wisata yang bisa anda nikmati jika berkunjung ke sana adalah merupakan sebuah tempat penelitian dan pengembangan berbagai jenis tanaman sayur dan hortikultura di indonesia.

Dengan demikian, bagi anda yang tertarik ingin tahu secara langsung bagaimana tahapan atau proses penelitian berbaagai jenis tanaman hortikultura yang ada di sana, maka anda bisa mempelajarinya di sana.

Dan berikut adalah daftar tamanan yang ada kebun sayuran yang ada di Balitsa seperti :

  1. Bawang
  2. Tomat
  3. Timun Jepang (zucchini)
  4. Ketimun
  5. Terong
  6. Wortel
  7. Kentang
  8. Jagung
  9. Bayam
  10. Kacang Panjang
  11. Kol
  12. Kubis
  13. Bawang Merah
  14. Bawang Putih
  15. Sawi
  16. Kacang Tanah
  17. dll

2.Wisata Alam

Sahabat traveler’s, kita semua setuju bahwa Wisata Lembang adalah merupakan sebuah kawasan surga wisata alam khas bumi Parahyangan yang sangat eksotis, selain tentunya kawasan wisata Ciwidey, Dago, Pangalengan dan yang lainnya.

Tempat ini berada di tengah kawasan alam lembang yang masih sangat hijau dan alami, suasananya asri, suhu udaranya sejuk dan bersih serta penampakan pemandangan alamnya yang sangat eksotik.

Anda mungkin akan takjub setelah mengenal objek wisata alam di lembang yang terkenal seperti Taman Begonia, Taman Bunga Cihideung, Dusun Bambu , The Lodge Maribaya atau Cikole Jayagiri Resort dan yang lainnya.

Namun, dengan berkunjung ke sini pun kembali lagi anda akan dibuat terpesona dengan semua daya tarik wisata alamnya yang bisa anda lihat, rasakan dan nimati selama berada di sana.

Kawasan Balitsa Lembang sebagai pusat penelitian tanaman sayuran dan hortikultura, di sekitarnya dikelilingi oleh berbagai tanaman yang berwarna warni dan pepohonan yang yang rindang yang menciptakan suasana sejuk dan asri.

Oleh karenanya, jangan heran jika saat ini setiap pengunjung yang datang seolah berlomba-lomba mengabadikan setiap spot terbaik Balista Lembang yang paling indah untuk dibidik dengan kamera, dan sesudahnya langsung diposting ke media sosial.

Nah dari sekian banyak tempat yang menarik di Balitsa Lembang yang tengah fenomenal diperbincangkan di banyak sosial media seperti instagram adalah spot jajaran pohon pinus yang ada di sana.

Balitsa Lembang Bandung

Lokasi ini jika anda dokumentasikan dalam foto maupun video, dijamin hasilnya maka akan terlihat viewnya seperti anda sedang berada di belahan negeri lain, tepatnya Eropa atau Amerika yang memiliki musim semi dan salju.

Spot manarik lainnya yang wajib anda abadikan adalah pemandangan hamparan tanaman sayuran seperti cabai, bawang, bayam, tomat dan masih banyak yang lainnya lagi yang sangat berwarna warni.

Terakhir yang tak boleh anda lewatkan juga adalah spot menarik berupa sebuah Rumah Kaca atau Green House seperti yang ada di Natural Strawbeery Land yang sangat bagus pemandangannya.

Sehingga dari itu pulalah, penampakan gambar dan foto-foto sisi keindahan dan eksotismenya Balitsa di Lembang ini menjadi tersebar dan populer diperbincangkan nettizen di dumay, seperti yang terjadi pada Tebing Keraton, Bukit Moko atau Bukit Bintang , Caringin Tilu yang fenomenal.

3.Lokasi Prewedding

Nah sahabat traveler’s sekalin, karena daya tarik yang khas seperti di atas tadi itulah, kenapa tempat wisata balai penelitian tanaman sayur ini pun sering dijadikan lokasi pemotoan atau Foto Prewedding.

Nah, jika anda selama ini hanya mengenal lokasi prewedding di bandung yang populer itu ada di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Pine Forest Camp atau di kota bandung di Jalan Braga, maka tempat ini pun sangat rekomended bagi anda.

Nah itulah beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan selama jalan-jalan menikmati suasana di salah satu Tempat Rekreasi di Bandung tersebut. Untuk keseruan lainnya, pastinya saya rekomendasikan anda untuk datang langsung ke sana.

Harga Tiket Masuk Balitsa Lembang

  • Untuk masuk dan menikmati kawasan Balitsa di Lembang ini ternyata kabar baiknya adalah Gratis, kecuali hanya parkir kendaraan bermotor saja, sekitar Rp.5.000 saja.

Alamat Balitsa Lembang

  • Jalan Tangkuban Perahu No 517,Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Nomer Telepon Balitsa Lembang

Untuk informasi kegiatan acara, harga tiket masuk, reservasi tempat dan informasi penting lainnya, silahkan anda bisa menghubungi nomer kontak Balitsa di 022-22786025

Jam Buka Balitsa Lembang

  • Waktu operasional hanya weekend yaitu Sabtu dan Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Peta Lokasi Balitsa Lembang

Rute Jalan Ke Balitsa Lembang

Sahabat traveler’s, bagi anda yang terarik berkunjung ke tempat wisata Balitsa Lembang, anda bisa menggunakan banyak alternaitig moda kendaraan yang bisa dipakai, baik transportasi umum apalagi kendaraan pribadi.

Bagi anda yang gunakan kendaraan pribadi dari arah kota bandung, silahkan anda tujukan kendaraan anda menuju arah ledeng -> Lembang dan Objek wisata Tangkuban perahu.

Nah, namun sebelum tiba di tangkuban perahu, selepas anda melintasi Rumah makan Khas Sunda di Bandung yang terkenal Sindang Reret, perhatikan arah sebelah kanan jalan anda.

Anda temukan tempat wisata baru di lembang yaitu PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang, nah dari sana maka lokasi Balista tinggal sekitar 3 KM dari sana.

Bagi anda yang naik kendaraan umum dari atah kota bandung, silahkan naik bus damri dari terminal leuwipanjang rute Terminal Ledeng.Dari sana anda lebih baik naik langsung angkutan Elf rute Ledeng – Subang, dan turun di PAL 16.

Tips Wisata ke Balitsa Lembang

Sahabat traveler’s, kembali seperti biasa sebelum menutup tulisan ini, penulis akan berikan tips wisata ke bandung untuk anda.

  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana adalah waktu pagi menjelang matahari terbit atau sore hari, dimana sinar matahari dan suasana alam sekitar balista pas moment terbaiknya yaitu indah dan eksotis
  • Tetap jaga kebersihan serta keperdulian untuk menjaga areal tanaman di kebun sayur yang terbuka tanpa pagar pengaman.
  • Bawa perlengkapan seperti topi, jangan lupa bawa kamera anda, serta perbekalan minuman secukupnya.

Nah sahabat traveler’s demikianlah beberapa tips wisata untuk anda yang ingin berkunjung ke balista. bagi anda wisatawan yang baru mau liburan ke bandung, saya rekomendasikan anda pakai jasa Tour Travel Bandung dan gunakan Paket Wisata Ke Bandung yang Murah.

Demikianlah sahabat traveler’s kupasan obej wisata di kabupaten bandung barat ini, bagaimana menarik bukan ? so, tunggu apa lagi, belum lengkap liburan ke kota kembang jika anda belum ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran Balista Lembang

Balitsa Lembang
  • Balitsa Lembang

Info Wisata

Nama : Balitsa
Alamat : Jl.Tangkuban Perahu No 517 Lembang
Nomer Telepon : 022-22786025
Jam Buka : Sabtu-Minggu,08.00-17.00 WIB
Fasilitas : Wisata edukasi, alam dll
Harga Tiket Masuk : Gratis
Profil : balitsa.libang.pertanian.go.id

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
loading...

One Response

  1. dian mardiana 26/10/2016

Leave a Reply