Balai Kota Bandung – Ada Gembok Cinta di Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung – Anda mencari tempat wisata di bandung berupa bangunan cagar budaya dan sejarah yang kental dengan zaman kolonialisme belanda, berupa gedung bercita rasa Art Deco yang pada masanya adalah bangunan sangat mewah dan berkelas ala Eropa ? Ya inilah salah satu Gedung Tertua di kota Bandung, yang salah satu bagiannya difungsikan sebagai kantor pemerintahan kota bandung bertugas, Balai Kota Bandung.

Sahabat traveller’s, jumpa lagi dengan penulis blog Tempatwisatadibandung.Info yang tidak akan bosan memberikan suguhan informasi terbaru seputar tempat wisata di bandung dan sekitarnya yang menarik, yang semoga dengan penyajian berita ini bisa memberikan pemahamaman serta info penting dari beraneka ragamnya kekayaan wisata yang ada di indonesia pada umumnya, khususnya yang ada di jawa barat, lebih spesifiknya adalah kota Bandung, sebagai ibukota Bumi Parahyangan, Jawa Barat.

Nah, apabila anda selama liburan di kota bandung sudah mengunjungi aneka tempat wisata kota kembang yang terkenal seperti berbagai tempat wisata kuliner di kota bandung yang enak, lezat, unik dan murah seperti es krim sayur masbash, Yoghurt cisangkuy atau juga mengunjungi  berbagai tempat wisata belanja di kota bandung yang populer murah seperti Pasar Baru , atau juga mengunjungi berbagai lokasi tempat wisata alam bandung yang fenomenal seperti wisata lembang ada taman begonia, dusun bambu juga wisata dago fenomenal seperti bukit bintang , tebing keraton dan Puncak eksotisme dan romantisme bandung Punclut, kemudian sudah ke tempat wisata anak terpopuler di bandung seperti Trans Studio Bandung, nah jangan sampai dilewatkan juga untuk sempatkan waktu sejenak untuk bersantai sejenak untuk refreshing di taman yang ada di Balai Kota Bandung.

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Sahabat Traveller’s, bangunan cagar budaya Balai Kota Bandung lokasinya adalah berada di Jalan Wastukancana,kota Bandung. Keberadaannya kini selain sebagai bukti peninggalan budaya dan sejarah zaman kolonial yang tak ternilai harganya,kini telah dinaikan fungsi menjadi salah satu objek wisata yang menarik di kota kembang sejalan dengan tekad dari walikota Bandung saat ini Ridwan Kamil yang ingin menjadikan Bandung sebagai salah satu kota destinasi wisata favorit nasional dan internasional yang mandiri,ramah warganya, bersih kotanya dan bermartabat budaya masayarakatnya.

Sahabat Traveller’s,Penanganan serta pengembangan Balai Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan kota Bandung dan sebagai tujuan wisata budaya dan sejarah di bandung semakin hari terus melakukan pembenahan untuk kenyamanan baik buat aparatur pemkot Bandung supaya bisa bekerja lebih maksimal dalam membuat program dan memberikan layanan terbaik buat warga bandung, atau serta yang tak kalah pentingnya adalah menambah daya tarik dari balkot bandung ini supaya menjadi destinasi tempat rekreasi di kota Bandung bagi masyarakat bandung yang ingin bersantai hingga wisatawan yang ingin menikmati eksotisme suasana kota berjuluk paris van java ini tengah liburan di kota bandung.

Sejarah Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung

Gedung balaikota yang dalam bahasa Belandanya disebut gemeente huis ini merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Bandung. Sebelum gedung bersejarah di bandung ini didirikan, di lokasi ini terdapat gudang penyimpanan buah kopi “koffie pakhuis” milik seorang tuan tanah sekaligus menjabat sebagai asisten Priangan pada tahun 1812 yaitu Adries de Wilde (1781-1865).Gudang kopi itu dibangun pada tahun 1819 saat perkebunan kopi di Priangan berkembang pada abad ke-18. Gudang kopi itu merupakan satu dari delapan gedung tembok baru di Bandung. Tahun 1923, gudang itu diserahkan kepada Pemerintah kolonial Belanda.Tahun 1927, gudang kopi dirobohkan. Sebagai gantinya, didirikanlah gedung balai kota diarsitek EH de Roo. Pendirian balaikota ini terkait dengan status Bandung sebagai kota praja sejak tahun 1906.

Balai Kota Bandung adalah Bangunan berbentuk persegi panjang, yang lokasinya terletak tidak jauh dari Jalan Braga yang saat itu selain berfungsi sebagai pusat hiburan kaum bangsawan belanda juga merupakan pusat kegiatan ekonomi dan bisnis masyarakat Kota Bandung masa itu. Sejumlah bangunan publik pendukung pun sudah lebih dulu didirikan di sekitarnya, yakni Javasche Bank (1909), Katedral (1921), dan Gereja Bethel (1925). Seiring dengan berkembangnya Kota Bandung, pada tahun 1935 balai kota diperluas dengan menambah bangunan baru di belakangnya. EH de Roo masih menjadi arsiteknya. Ia merancang gedung baru ini dengan gaya “Art deco” sehingga berkesan lebih modern daripada gedung lama. Bangunan baru ini dibangun menghadap Pieter Sijthoffpark yang kini bernama Taman Dewi Sartika. Bentuk atapnya yang tampak datar menyebabkan gedung ini pun disebut “Gedung Papak“.

Fasilitas Wisata Balai Kota Bandung

Berikut adalah beberapa fasilitas wisata yang terdapat di seluruh areal Balai kota yang cukup luas.Balai kota Bandung khususnya taman balai kota bandung adalah terbuka buat umum, dapat dimasuki oleh seluruh masyarakat warga bandung dan juga wisatawan luar daerah baik nasional maupun mancanegara secara bebas, terkecuali apabila ada kegiatan khusus yang sifatnya formal atau kedinasan pemerintah oleh Pemkot Bandung

  • Gembok Cinta
  • Patung Badak
  • Patung Dewi Sartika
  • Patung Ikan
  • Patung Merpati
  • Taman Balai Kota

Taman Balai Kota Bandung

Salah satu upaya yang dilakukan pimpinan kota Bandung khususnya walikota Bandung Ridwan kamil untuk pembenahan areal Balai Kota Bandung ini adalah, Revitalisasi ruang hijau yang dulunya bisa dikatakan tidak terurus, yaitu dengan merubah wajah Balai Kota Bandung menjadi salah satu taman di Bandung yang nyaman untuk dikunjungi. Jika sebelumnya di Taman Balai Kota Bandung ini hanya dipenuhi sejumlah pohon dengan ukuran besar dan dikelilingi oleh tanaman bambu, sekarang sebagian perhiasan taman kota bandung ini telah dipercantik dengan adanya air mancur di kolam badak putih, lampu-lampu taman yang warna-warni yang memberi kesan gemerlap di malam hari, serta sejumlah tanaman bunga dan tanaman kecil aneka warna.

Gembok Cinta di Balai Kota Bandung

Gembok Cinta Balai Kota Bandung

Gembok Cinta Balai Kota Bandung

Hal terbaru dari taman di kota Bandung yang unik saat ini adalah di tengah-tengah taman tersebut dipasang sebuah konstruksi besi dan kawat ram berbentuk prisma berukuran 2,5 meter persegi dan tinggi sekira 2 meter. Di atas bangunan tersebut, mejeng huruf berwarna merah yang dirangkai menjadi kata ‘LOVE‘.Nah, kata si sang empunya ide dan konsep ini yang tiada lain adalah sang walikota Bandung ridwan kamil sendiri menyatakan bahwa hiasan berartikan Cinta itu diberi nama “Gembok Cinta” dan merupakan buah karya yang  terinspirasi dari bangunan-bangunan indah di dunia yang memiliki konsep sejenis, seperti di Pont de l’Archeveche, Paris, Perancis; Huangshan, China; Namsan Tower, Korea Selatan; Jembatan Luzhkov, Moskow, Russia; dan Cologne, Jerman.

Jadi apa maksud dan makna dengan adanya “Gembok Cinta” di Balai kota Bandung ? Masih menurut kang emil,Bagi sahabat yang sudah berpasangan, beliau mempersilahkan untuk datang ke ini bersama pasangan dan gantung serta gemboklah cintanya di sini, di taman balkot bandung. gemboknya harus sendiri-sendiri tapi. Jangan sampai ada yang punya cinta tapi enggak punya gembok, punya gembok tapi enggak punya cinta., jadi harus dua-duanya,ungkapnya sambil menambahkan bahwa Gembok Cinta Balai kota Bandung berbeda dengan tempat lainnya, karena telah dihias dengan lampu yang berwarna-warni sehingga akan semakin indah dan lebih romatis apabila di malam hari.

Alamat Balai Kota Bandung

  • Apabila anda tertarik ke salah satu tempat rekreasi di bandung kota ini, silahkan anda bisa datang saja ke Jl. Wastukencana No. 2, Babakan Ciamis kota Bandung Jawa Barat Indonesia.

Nomer Telepon Balai Kota Bandung

  • Untuk sahabat yang memerlukan informasi tentang seputar Balai kota Bandung, kegiatan yang akan di adakan seperti festival di balai kota bandung serta acara seru dan info wisata lainnya, silahkan telpon ke nomer : (022) 4216402

Peta Balai Kota Bandung

  • Untuk menuju lokasi wisata bangunan tua bersejarah yang ada di kota bandung ini, silahkan anda bisa menemukan lokasi map balai kota bandung di sini.

Rute Jalan ke Balai Kota Bandung

Untuk sampai di lokasi Balai kota bandung sangatlah tidak terlalu sulit.Salah satu jalan yang dilewati oleh jenis wisata kuliner terbaru di kota bandung yang sedang nge-Hits yaitu Street Gourmet.Nah, bagi anda yang ingin ke balkot bandung, silahkan ikuti petunjuk rute jalan ke balai kota dengan kendaraan umum sebagai berikut :

  • Terminal Leuwipanjang, dari terminal yang dekat dengan lokasi wisata belanja cibaduyut ini, silahkan anda naik Bus Damri jurusan Leuwipanjang – Dago, kemudian turun persis di depan Balai Kota Bandung.
  • Terminal Cicaheum, dari sini anda naik angkot hijau marooon 01 B Cicaheum – Kalapa via Aceh dan turun di Jalan Belitung.Dari sana naik lagi angkot kuning-kuning-hijau 10 Sadang Serang – Stasiun Hall/ angkot muda-hijau 12 Gede bage -Stasiun Hall/ angkot Cokelat muda – hujai 31 Antapani – Ciroyom turun persis seberang balai kota bandung.

Hotel Dekat Balai Kota Bandung

Nah, sahabat traveller’s, tidak asyik apabila anda berwisata di kota Bandung dibatasi oleh waktu, sehingga kenyamanan anda berwisata tentunya jadi terganggu dan tergesa-gesa. Nah, bagaimana cara atau solusi untuk mensiasati hal tersebut ? dimana dengan tetap berbudget murah, anda masih bisa menikmati keaneka ragaman wisata di kota bandung dan sekitarnya dengan luluasa dan tentunya puas.Saran penulis, silahkan anda buka aneka pilihan tepat dan terbaik tempat penginapan di bandung yang murah, seperti hotel, villa hingga resort yang ada di dekat dengan lokasi wisata favorit anda di bandung.

Nah, berikut adalah penawaran hotel yang sangat dekat dengan Balai Kota Bandung, dengan harga DISKON hingga 50% dari situs layanan booking hotel terbesar di dunia Booking.com  di sini : Hotel dekat dengan Balai Kota Bandung.

Nah, demikianlah informasi penting seputar salah satu tempat wisata di bandung berupa bangunan yang sudeah ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya nasional yang ada di kota bandung yang dilindungi serta dilestarikan, baik digunakan sebagai pusat pemerintahan kota bandung, dan juga sebagai salah satu objek wisata di kota bandung yang menarik.[ Tempatwisatadibandung.Info # Balai Kota Bandung ]

Loading...

Leave a Reply