Alas Daun Bandung – Cara Makan Ala Urang Sunda !!

Loading...

Alas Daun Bandung -Tempat Makan Alas Daun Di Bandung adalah salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang menawarkan sebuah konsep menu masakan tradisional indonesia seperti khas sunda yang sedang nge-hitz di tanah air,yaitu Back To Nature and Tradisional.

Salah satu lokasi Kuliner Bandung ini mengemas daya tarik kulinernya dengan cara yang unik dan bisa dikatakan sangat istimewa banget kalau boleh dikatakan sebagai sebuah sensasi melawan arus pusat-pusat wisata di bandung yang baru bermunculan,yaitu bagaimana uniknya cara penyajian makanan di tempat makan alas daun bandung ini tanpa menggunakan alas piring dalam penyajian makananannya,akan tetapi menggunakan alas daun pisang.

Betul-betul sebuah cara unik dan inspiratif sekali bagi Warung alas daun bandung ini,sehingga apabila pertama kali datang ke sini,anda jangan sampai kaget apabila tidak ada perlengkapan piring seperti di rumah makan atau restoran bandung pada umumnya yang pernah anda kunjungi,,hehehe,karena di sini anda tinggal duduk manis menunggu pelayan yang akan mengisiskan pesanan makanan ke atas alas daun pisang yang telah disediakan di atas meja makan tersebut.

Cafe Alas Daun Bandung

Rumah Makan Sunda Di Bandung

Restoran Alas Daun

Cafe Alas Daun Bandung atau Restoran Alas daun bandung dengan Konsep rumah makan yang menonjolkan sensasi daya tarik etnik budaya daerah asli negeri sendiri yaitu Indonesia memang sepertinya sedang menjadi tren bagi para pelaku usaha kuliner beberapa tahun belakangan ini. Restauran berkonsep menyajikan nuansa alam Indonesia dan masakan tradisonal ini memang harus bersaing secara pintar,cerdas dan inovatif dengan restauran lama atau baru yang banyak bermunculan di bandung yang berkonsep barat atau western.

Dan faktanya sejumlah Tempat Wisata Kuliner di Bandung seperti Dusun Bambu di lembang, kampoeng sawah soreang di bandung selatan terbukti sangat sukses dengan gaya wisata dan menu kuliner yang bergaya sangat kental tradisional,dan Salah satunya Restoran Alas Daun Bandung ini yang berani dengan konsep tradisionalnya di pusat kota Bandung,yang selalu ramai dikunjungi pengunjung baik lokal maupun luar daerah untuk menikmati sensasi wisata kuliner khas sunda ala Cafe Alas Daun Bandung pada hari biasa apalagi pada weekend dan liburan panjang.

Konsep utama cita rasa tradisonal dari wisata kuliner Bandung ala Alas Daun Bandung adalah tradisional Sunda. Konsep sejenis ini sangat jelas terlihat dan terasa dari desain tempat serta arsitektur bangunan Alas Daun, tetapi juga dari aneka menu makanannya yang bercita rasa sunda serta yang tak kalah unik dan asyiknya adalah bagaimana cara makannya itu sendiri.

Semua pasti sepakat,bahwa cara penyajian makanan secara massal atau prasmanan,yaitu pengunjung bebas memilih dan mengambil makanan apa pun yang tersedia di tempat penyimpanan yang biasanya di atas meja panjang,lalu dimakan secara bareng-bareng adalah cita rasa khas adat sunda tempo dulu yang mengedapankan kebersamaan dan persaudaraan.

Di masa lalu dan di masa terkini pun,kita akan masih bisa melihat konsep “makan bersama” seperti ini,terutama di kampung-kampung sunda di daerah jawa barat. semua bahan makanan, mulai dari nasi hingga lauk pauk biasanya disajikan langsung di atas lembaran daun pisang yang memanjang. Beberapa orang kemudian akan duduk berlipat mengelilingi daun pisang tersebut,dan kemudian menyantap makanan tersebut secara bersama-sama, di atas alas yang sama.

Meski cara makan seperti ini biasanya dilakukan dalam beberapa kegiatan riungan atau acara-acara kumpul bersama.Namun, secara sosial hal seperti ini dianggap memiliki nilai kebersamaan dan solidaritas yang sangat tinggi.

Nah,konsep dasar adat serta kebesaran ajaran nenek moyang sunda tersebutlah yang sepertinya mau diambil dan dipakai oleh Cafe alas daun di bandung ini,meskipun caranya sedikit dimodifikasi,di mana Alas daun di rumah makan terbaik ini hanya dijadikan sebagai pengganti piring saja, dan setiap pengunjung memiliki alas daun masing-masing.

Menu Alas Daun Bandung

Alas Daun Bandung

Menu Alas Daun Bandung

Sebelum membahas aneka menu makanan yang ada di Alas Daun Bandung,penulis mau kasih info dulu nih,bahwa salah satu Cafe di Bandung Alas Daun Bandung ini ruangannya terbagi menjadi tiga bagian ruangan,yaitu depan, tengah, dan bagian belakang bersatu dengan tempat pengambilan makanannya,yang ditata sedemikian rupa bergaya prasmanan.

Seperti yang sudah dibahas di atas sebelumnya,dengan cara prasmanan ini,para pengunjung bebas dipersilakan untuk memilih berbagai jenis makanan, kemudian ada menu yang bisa langsung dibawa, ada juga yang masih setengah matang, sehingga harus dimasak kembali. Sambalnya juga terdiri dari beberapa pilihan, ada sambal dadak, sambal halilintar, maupun sambal goreng.

Daftar Menu Alas Daun Bandung

  • Orak-Arik Bunga Pepaya – Orak-Arik Bunga Pepaya adalah menu kuliner andalan khas Alas daun bandung,yang bahan makanannya terdiri dari, tentu saja bunga pepaya, telur, ada kacang panjang, dan juga cabe rawit. Tingkat rasa keasinan dan kegurihannya sangat pas. Ditambah juga ada sedikit rasa khas alami pahit dari bunga papaya.menu makanan di alas daun ini lumayan cukup pedas serta cara penyajian yang sangat unik karena ditempatkan di atas kuali berukuran mini serupa besaran piring.
  • Ayam Bumbu Hejo – Menu kuliner di alas daun bandung yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar daging Ayam yang digoreng, kemudian disajikan dengan sambal hijau yang berminyak di dalam kuali yang mini.Sangat sedap dan nikmat konsumsi makanan ini,selain daging Ayam-nya empuk juga daging-nya agak basah begitu.Sehingga Bumbunya terasa sekali meresap samapi ke dalam daging, dan rasa cabe hijau-nya cukup kuat dengan pedas yang tidak menyengat.
  • Sambel Goreng Kentang – Nah,kalau menu kuliner yang satu ini adalah favorit penulis.goreng Kentang-nya terasa manis dan juga sangat gurih. Kentangnya digoreng kering, namun bumbunya lengket,sehingga cita rasa pedas dan manisnya sangat unik untuk dicicipi,enak banget..krekes-krekes lengket.
  • Pepes Tahu – Menu makanan alas daun ini Porsi-nya lumayan berukuran zumbo, bentuknya adalah tahu yang dihancurkan kemudian dimasak dan dicampur dengan telur, daun kemangi, daun bawang, cabe rawit, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus. Tahu pepesnya sanat gurih dan empuk, daun kemangi-nya terasa kuat rasanya serta rasa asin dan gurihnya sangat pas.
  • Ayam Bakar Gurih – menu spesial yang wajib anda coba di tempat Kuliner Bandung ini,dimana rasa dari Bumbu ayam-nya sangat meresap sekali, proses dibakarnya sangat baik. Selain sangat gurih dan lezat di lidah,ayam bakar ini terasa manis dari bumbu kecap.
  • Sate Maranggi – menu kuliner olahan paling maknyos buat penulis,Sate-nya tidak diberi bumbu tambahan seperti bumbu kacang atau bumbu kecap. Dominan rasanya manis, daging-nya empuk, dan aroma sapi-nya cukup kuat.
  • Bandeng Pepes – memesan masih terbungkus daun pisang. Namun ternyata disajikan tidak bersama daunnya. Buat anda yang tidak suka ikan yang berduri, penulis rekomendasikan untuk mencoba menu kuliner yang satu ini, karena tidak ada duri-nya. Daging ikannya tampak sudah dihancurkan, empuk, daun kemangi-nya terasa strong, dan agak manis karena bandeng juga dibaluri kecap.lezat sekali..!
  • Tempe Mendoan – satu lagi menu makanan yang harus anda cicipi di alas daun bandung,mendoan ! ya tempe mendoan ! sudah merasakan atau belum.? nah,kalau ingin tahu,silahkan datang saja langsung sendiri ke alas daun bandung ya..
  • Aneka Sambal – di tempat wisata kuliner di bandung ini,anda atau pengunjung bisa mencicipi aneka ragam jenis sambel yang berbeda,anda bisa mencoba sambal dadakan,atau sambal halilintar dan juga sambal goreng yang aduhai rasanya.Silakan pilih sendiri dan rasakan mana yang paling cocok menemani nasi hangat anda.

Daftar Harga Alas Daun Bandung

Harga makanan di alas daun bandung sangatlah terjangkau,apabila kita melihat bahwa restoran atau cafe Alas Daun Bandung ini yang berlokasi tepat di tengah kota Bandung,yang keberadaannya jelas sangat bersaing dengan rumah makan atau restoran di bandung lainnya,baik dari segi rasa,menu makanan dan tentunya harga makananya itu sendiri.

Harga makan di alas daun bandung terbilang sangat bersahabat dan murah,oleh karenanya memang daya tarik harga yang murah inilah salah satu nilai jual atau daya tarik RM alas daun di bandung ini.Sebagai bahan referensi harga makanan ini,saya ambil di tahun 2013,dan rinciannya sebagai berikut :

  • Sate Maranggi Rp.7000/tusuk
  • Aneka Sambal Rp.2000/porsi
  • Orak arik Bunga pepaya Rp.10.500/porsi
  • Ayam Bumbu Hejo Rp.14.500/porsi
  • Sambal Goreng Kentang Rp.8.500/porsi
  • Pepes Tahu Rp.5.000/porsi
  • Ayam Bakar Gurih Rp.13.500/porsi
  • Tempe Mendoan Rp.3.500/porsi

Catatan : harga pasti sudah berubah,silahkan anda cek harga terbaru menu alas daun bandung ini di no kontak telepon yang bisa dihubungi (022) 7231101

Alamat Alas Daun Bandung

  • Alamat Restoran Alas Daun Bandung yaitu di Jalan Citarum no.34, Jawa Barat 40116

Telepon Alas Daun Bandung

  • No telpon : (022) 7231101

Jam Buka Alas Daun Bandung

  • Setiap hari, Senin – Minggu, mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB

Map alas daun bandung

Berikut adalah peta lokasi alamat alas daun bandung :

peta alas daun bandung

peta alas daun bandung

Bagaiaman ?! secara keseluruhan penulis menilai restoran Alas Daun Bandung ini sangat rekomended salah satu Lokasi Wisata Di Bandung terbaik bagi pemburu kuliner tradisional khas sunda . Harganya sangat terjangkau cukup murah namun tidak murahan ! tempatnya cukup asyik pool, makanannya sangat jelas enak, ditambah dengan sensasi makan yang unik khas alas daun bandung.

Selamat berwisata kuliner di Alas Daun Bandung !!

Sumber artikel terkait : – http://alasdaun.com/

RM Alas Daun
  • RM Alas Daun

Info Resto

Nama : RM Alas Daun
Alamat : Jl.Citarum No 34, Cihapit
No Tlp : 022-7231101
Jam Buka : Senin-Minggu,09.00-22.00 WIB
Harga : Mulai Rp.2.000
website : alasdaun.com

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...